EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalim Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut

Mustika, Ana (2023) Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalim Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
pernyataan.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (921kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (485kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (777kB)

ABSTRAK

Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah salah satu keutamaan dari membaca al-Qur’an itu dengan membacanya dihitung sebagai suatu ibadah. Orang yang membaca al-Qur’an satu huruf akan dilipatkan pahalanya menjadi sepuluh kali lipat kebaikan. Di Indonesia pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional, pada umumnya mempunyai tiga jenis sistem pengajaran yaitu jenis pengajaran salafi (klasik), jenis pengajaran khalafi (modern) dan jenis pengajaran campuran/kombinasi antara pengajaran khalafi dan salafi. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran alQur’an di Pondok Pesantren Darussalim Bati-bati kabupaten Tanah Laut dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran alQur’an di Pondok Pesantren Darussalim Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darussalim di Desa Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Hasil kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah Pembelajaran al-Qur’an melalui metode tilawati di Pondok Pesantren Darussalim dilakukan dengan prinsip-prinsip pembelajaran dengan menggunakan alat peraga, menggunakan lagu atau nada rost, santri diajarkan dengan cara praktis dan mudah dipahami, menggunakan pendekatan klasikal, individual, baca simak secara seimbang. Adapun strategi pembelajaran yang digunakan terdapat dalam 3 teknik yaitu teknik klasikal, teknik individual dan teknik baca simak..Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran al-Qur’an Pondok Pesantren Darussalim melalui metode tilawati ini lebih dominan faktor pendukung seperti latar belakang pengajar, pengalaman pengajar, faktor dari siswa atau santri/santriwati serta berasal dari sarana dan prasarana. Faktor penghambat terdapat dari kurangnya tenaga pengajar yang mempunyai sertifikasi metode tilawati serta beberapa sarana dan prasarana yang masih belum lengkap tersedia di pondok pesantren Darussalim.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 27 Jul 2023 00:07
Last Modified: 27 Jul 2023 00:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24277

Actions (login required)

View Item View Item