EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Persepsi Ahli Falak di Kalimantan Selatan tentang Kriteria Mabims Baru dalam Penentuan Awal Bulan Kamariah

Karim, Abdul Hamid (2023) Persepsi Ahli Falak di Kalimantan Selatan tentang Kriteria Mabims Baru dalam Penentuan Awal Bulan Kamariah. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (895kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Kriteria MABIMS merupakan hasil dari ijtihad dari para ahli falak yang merupakan Menteri Agama dari negara-negara tergabung dalamnya seperti Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Kriteria MABIMS yang sebelumnya memliki Kriteria minimal ketinggian hilal 2˚; Sudut Elongasi 3˚; atau umur Bulan 8 jam. Kriteria tersebut setelah kurang lebih 30 tahun telah diterapkan oleh negara-negara MABIMS, kemudian pada tahun 2022 lalu telah ditunjau ulang dan disahkan menjadi Kriteria MABIMS Baru dengan Kriteria ketinggian hilal 3˚ dan Sudut Elongasi 6,4˚. Namun, dengan adanya perubahan kriteria MABIMS terdapat perbedaan persepsi oleh ahli falak di Kalimantan Selatan mengenai Kriteria MABIMS Baru yang bisa dijadikan pertimbangan setelah disahkannya kriteria tersebut. Jenis Penelitian yang digunakan ialah berbentuk penelitian hukum empiris yang merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan penelitian wawancara terpusat sehingga Peneliti memperoleh data dan informasi dengan cara tanya jawab secara tatap muka dengan informan atau narasumber. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan yuridis socio-legal dengan cara mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam masyarakat atau sosial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi ahli falak terkait dengan Kriteria MABIMS Baru ini ada yang setuju dengan Kriteria MABIMS Baru dan terdapat juga yang tidak setuju. Informan 1, 3, 4 dan 5 berpendapat setuju dengan adanya Kriteria MABIMS Baru sedangkan Informan 2 tidak setuju. Alasan yang melatarbelakangi persepsi dari ahli falak ialah bahwa Kriteria MABIMS Baru ini dinilai secara pengalaman dan observasi di lapangan lebih dapat dibuktikan secara data ilmiah dalam memungkinkannya melihat hilal dibandingkan Kriteria MABIMS sebelumnya yang dinilai tidak sesuai dengan realitas visibilitas hilal di lapangan. Dengan adanya Kriteria MABIMS Baru ini pula akan semakin berpotensi untuk terjadinya perbedaan pada konteks penentuan awal bulan kamariah pada umat muslim di Indonesia.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:04
Last Modified: 03 Aug 2023 02:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24496

Actions (login required)

View Item View Item