EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Jual Beli Ikan Asin Secara Angsur Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Sungai Rasau Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut)

Sari, Widya (2023) Jual Beli Ikan Asin Secara Angsur Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Sungai Rasau Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya praktik jual beli ikan asin secara angsur di Desa Sungai Rasau Kecamatan Bumi Makmur Kabupeten Tanah Laut. Antara pihak pemilik kapal selaku penjual dengan pembeli, terdapat masalah dalam praktik jual beli tersebut yakni pembeli yang tidak membayar angsuran tepat pada waktunya sesuai dengan perjanjian sehingga penjual mengalami kerugian. Atas dasar permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jual beli ikan asin secara angsur menurut persfektif Hukum Ekonomi Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan studi kasus yang berlokasi di Desa Sungai Rasau Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut. Data diperoleh dari lima informan yaitu dua orang informan dari pemilik kapal dan tiga orang informan dari pembeli serta dokumen lainnya sebagai sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dan disajikan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa praktik jual beli secara angsur yang dilakukan di Desa Sungai Rasau telah sesuai dengan kaidah akad bai taqsith yang mana telah memenuhi rukun dan syaratnya. Akan tetapi setelah akad terjadi terdapat adanya kasus yang dilakukan oleh pihak pembeli yaitu berupa keterlambatan waktu pembayaran oleh pihak pembeli. Oleh karena itu pihak penjual merasa dirugikan atas pelanggaran keterlambatan bayar yang terjadi. Namun dengan terjadinya keterlambatan pembayaran tersebut pemilik kapal tidak memberikan denda melainkan hanya diberikan teguran dan perpanjangan waktu untuk menyelesaikan pembayaran. Hal ini sejalan dengan perspektif Hukum Ekonomi Syariah walaupun pembeli melakukan keterlambatan membayar angsur dengan sengaja maupun tidak sengaja maka tidak dikenakan denda, hanya saja dinasehati untuk melakukan pembayaran atau pelunasan, hal itu telah dilakukan oleh penjual kepada pembeli tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 01 Aug 2023 00:05
Last Modified: 01 Aug 2023 00:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24536

Actions (login required)

View Item View Item