EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kualitas Bacaan Al-Qur’an Pengajar TPA di Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Arifin, Muhammad Zainal (2023) Kualitas Bacaan Al-Qur’an Pengajar TPA di Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB I Zainal Arifin.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB II Zainal Arifin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
BAB III Zainal Arifin.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB IV Zainal Arifin.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Zainal Arifin.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Biodata dan Lampiran Zainal Arifin.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah karena melihat pada kurangnya pendidikan pembelajaran Al-Qur‟an di daerah desa-desa terpencil yang menyebabkan banyaknya orang tidak bisa membaca Al-Qur‟an dengan lancar yang disebabkan pada kurangnya belajar pada bacaan Al-Qur‟an yang baik dan benar, pada desa yang menjadi tempat penelitian skripsi ini, hanya terdapat Taman Pembelajaran Al-Qur‟an (TPA) yang hanya dikhususkan untuk anak-anak sampai remaja. Lembaga seperti TPA tersebut haruslah juga memiliki pengajar yang memiliki dalam keahlian membaca Al-Qur‟an serta mengetahui teori-teori yang dipakai ketika mengajarkan pada praktek membaca Al-Qur‟an di TPA. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas bacaan Al-Qur‟an pengajar TPA di Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang berfokus pada kualitas pemahaman dan kualitas bacaan para pengajar TPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang mengumpulkan data dengan menggunakan objek dan metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena secara detail dan sistematis sehingga mudah dipahami. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, metode tes dan perekaman. Adapun subjek penelitian pada penelitian ini adalah pengajar TPA di kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kualitas pemahaman dan kualitas bacaan Al-Qur‟an pengajar TPA di kecamatan Pandawan adalah (1) Pada penilaian kualitas pemahaman secara rata-rata adalah paham, dengan total 13 orang mendapat nilai paham dan 4 orang dengan nilai kurang paham dari total subjek penelitian 17 orang. (2) Pada penilaian kualitas bacaan secara rata-rata adalah sangat baik, dengan total 13 orang nilai baik, 3 orang nilai cukup dan 1 orang nilai kurang dari total subjek penelitian 17 orang.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:17
Last Modified: 26 Dec 2023 00:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24538

Actions (login required)

View Item View Item