EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Akselerasi Tahfiz Al-Qur'an di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Anisah, Nor (2023) Akselerasi Tahfiz Al-Qur'an di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (876kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Menghafal Al-Qur‟an merupakan salah satu dari bentuk pemeliharaan terhadap Al-Qur‟an dan hukumnya fardhu kifâyah. Berkenaan dengan hal tersebut maka banyak didirikan lembaga-lembaga yang mewadahi umat Islam untuk menghafal Al-Qur‟an bahkan sekolah umum pun tidak sedikit yang menjadikan tahfiz Al-Qur‟an sebagai program unggulan di lembaga mereka. STIQ juga menjadikan tahfiz Al-Qur‟an sebagai program unggulan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa/i STIQ. Program menarik yang mereka laksanakan adalah akselerasi tahfiz Al-Qur‟an yang dilaksanakan ketika libur panjang bagi mahasiswa/i STIQ yang ingin mengikuti program tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan program akselerasi Tahfiz Al-Qur‟an di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur‟an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan, (2) Bagaimana keberhasilan mahasiswa peserta program akselerasi Tahfizh Al-Qur‟an di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur‟an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan program akselerasi tahfiz Al-Qur‟an dan untuk mengetahui keberhasilan hafalan mahasiswa peserta akselerasi tahfiz Al-Qur‟an di STIQ Amuntai Kalimantan Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bertempat di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur‟an (STIQ). Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. kuesioner, dan dokumentasi. Kemudian data-data yang diperoleh di lapangan dikumpulkan dan dirangkum dengan memilih hal-hal pokok, disusun secara sistematis, serta diuraikan dalam laporan hasil penelitian dan dilakukan analisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) prosesi kegiatan akselerasi ini dilaksanakan ketika libur panjang selama kurang lebih 1 bulan, dengan 6 kali pertemuan dalam 1 minggu, 2 kali setoran dalam 1 hari. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.30-12.30 WITA bertempat di kampus STIQ. (2) Keberhasilan yang didapat oleh peserta akselerasi tahfiz Al-Qur‟an adalah 86% dari responden dapat melampaui target yang ditetapkan oleh STIQ, adapun target individu masing-masing ada 40% yang dapat mencapai targetnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:56
Last Modified: 01 Aug 2023 02:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24567

Actions (login required)

View Item View Item