EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Pengendalian Kebakaran Lahan di Kabupaten Balangan

Maulia, Maulia (2023) Implementasi Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Pengendalian Kebakaran Lahan di Kabupaten Balangan. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (612kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari menurunnya kondisi sumber daya alam lahan di Kabupaten Balangan dari tahun ketahun, penurunan tersebut diakibatkan oleh kebakaran lahan, dimana sepanjang Januari sampai dengan November 2019 total keseluruhan luas lahan yang terbakar adalah 426,79 hektar. Padahal Pemerintah Daerah telah mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Pengendalian Kebakaran Lahan di Kabupaten Balangan. Penelitian ini bertujuan mengetahui limplementasi Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Pengendalian Kebakaran Lahan di Kabupaten Balangan, serta lingin mengetahui faktor yang mempengaruhi limplementasi Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Pengendalian Kebakaran Lahan di Kabupaten Balangan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan sosiologi hukum data penelitian yang digunakan adalah kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif, yaitu dengan mengurai, menjelaskan, dan menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang erat dengan penelitian ini. Peneliti dalam mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian diolah melalui proses koleksi data, editing, deskripsi dan matrik. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan mengarah pada landasan teori yaitu teori implementasi, pemerintah daerah, peraturan daerah dan kebakaran lahan. Hasil yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Pengendalian Kebakaran Lahan di Kabupaten Balangan sudah dilaksanakan, pelaksanaan penegakan hukum yang dijalankan seperti sosialisasi, berkoordinasi serta bekerjasama dengan TNI, POLRI dan masyarakat. Dan berdasarkan hasil analisis bahwa implementasi yang dijalankan BPBD Kabupaten Balangan kurang maksimal, di mana sosialisasi yang diberikan hanya sebatas himbauan, kerjasama dan pengawasan dengan masyarakat kurang baik sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahui peraturan tersebut dan terus melakukan pembakaran lahan tanpa izin dari pihak yang berwenang. faktor yang mempengaruhi implementasi yakni masalah komunikasi yang kurang baik kepada masyarakat, kurangnya sumber daya manusia, disposisi, lingkungan kebijakan dan kesadaran hukum serta kepedulian masyarakat Kabupaten Balangan terhadap lingkungan masih minim.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 01 Aug 2023 05:09
Last Modified: 01 Aug 2023 05:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24583

Actions (login required)

View Item View Item