EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Institusionalisasi Nilai-Nilai Sufistik di Pondok Pesantren Banjarbaru: Suatu Kajian Konstruksi Sosial Peter L. Berger

Ihromi, Ihda (2023) Institusionalisasi Nilai-Nilai Sufistik di Pondok Pesantren Banjarbaru: Suatu Kajian Konstruksi Sosial Peter L. Berger. Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (228kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak pdf.pdf

Download (398kB)
[img] Text
bab 1 pdf.pdf

Download (521kB)
[img] Text
bab 2 pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 3 pdf.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV pdf.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB V pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VII pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB VIII pdf.pdf

Download (234kB)
[img] Text
daftar pustaka pdf.pdf

Download (415kB)
[img] Text
biodata pdf.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Kajian mengenai pesantren menunjukkan keunggulan pesantren sebagai subkultur yang merepresentasikan tata nilai sufistik. Di antara nilai-nilai sufistik di pesantren adalah nilai taubat, wara’ zuhud, faqr, sabar, tawakkal, mahabbah, makrifah dan ridha. Nilai-nilai tersebut dikonstruk secara sosial, melalui berbagai pembiasaan yang melembaga. Maka, penulis ingin melihat bagaimana nilai-nilai sufistik tersebut diinstitusionalisasi di pondok pesantren Banjarbaru. Disertasi ini menyoroti proses institusionalisasi nilai-nilai sufistik di pondok pesantren Banjarbaru, nilai-nilai sufistik yang diinstitusionalisasi, dan kontribusi pelembagaan nilai-nilai sufistik bagi pendidikan akhlak/karakter. Penulis menggunakan pendekatan konstruksi sosial sebagai metode penelitian, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penulis mengumpulkan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data sebagai teknik analisa data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Institusionalisasi nilai-nilai sufistik mencakup internalisasi, eksternalisasi dan objektivasi secara stimultan. Pada internalisasi terdapat tipifikasi, habitualisasi, sosialisasi dan indoktrinasi pesantren tentang nilai-nilai sufistik, baik sebagai nilai maupun praktik tarekat, melalui kurikulum pesantren berbasis kitab Ihya’ ‘ulumuddin, Siraj al-Thalibin dan Kifayah al-Atqiya‟, dan melalui muj hadah, zikir jama‟i, puasa, bai‟at dan khalwat. Pada eksternalisasi, nilai-nilai sufistik diekspresikan sebagai ideologi dan tradisi positif, dengan berbagai adaptasi. Objektivasi menunjukkan otoritas mursyid, konsistensi pelaksanaan syariat, aturan, dan suluk 2) Nilai-nilai sufistik yang diinstitusionalisasi di pesantren adalah nilai taubat berupa meninggalkan dosa dan kesalahan; wara’ berupa disiplin dan selektif; zuhd berupa tawadhu’ dan kesederhanaan; faqr berupa kemandirian dan tanggung jawab; sabar berupa ketabahan dan integritas diri; tawakkal, mahabbah, makrifah dan ridha berupa ketaatan dan syukur; 3) pelembagaan nilai-nilai sufistik di pesantren berkontribusi besar terhadap penguatan akhlak/karaktek, dan relevan dengan nilai-nilai karakter dalam Penguatan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin pada Kurikulum Merdeka. Di antara temuan penelitian: hasil penelitian relevan dengan pembentukan akhlak al-Ghazali yaitu ilmu, h l, dan „amal; Institusionalisasi nilai-nilai sufistik di Ponpes Misbahul Munir dilembagakan secara khusus melalui praktik tarekat, dengan otoritas kiai sebagai sentral pendidikan sufistik. Adapun di Ponpes Darul Ilmi, nilai-nilai sufistik terdiferensiasi melalui peran guru dan fungsi organisasi; Pesantren sebagai subkultur mengkonservasi aspek tradisionalisme Islam melalui transmisi geneologi intelektual-spiritual ulama sufi, sebagai kontrol moral dan pendisiplinan sosial; Nilai-nilai sufistik memiliki motivasi mendalam bagi pendidikan karakter, yang menyentuh titik fitrah “’ubudiyah” manusia.

Item Type: Disertasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:07
Last Modified: 08 Aug 2023 04:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24700

Actions (login required)

View Item View Item