EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Rutinitas Amalan Sunnah pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Tanah Grogot

Maulana, Muhammad Rofiq (2023) Pelaksanaan Rutinitas Amalan Sunnah pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Tanah Grogot. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB Awal New.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK New.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Daftar Pustaka New.pdf

Download (275kB)
[img] Text
LAMPIRAN New.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Amalan sunnah tidak hanya meningkatkan kualitas ibadah individu seorang muslim, tetapi juga mampu membentuk karakter yang baik dan menciptakan lingkungan yang penuh berkah di dalam masyarakat. Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan di Tanah Grogot sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran penting dalam mengajarkan nilai-nilai agama kepada siswa-siswinya. Maka Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan rutinitas amalan sunnah yang diterapkan di MTs Al-Ihsan Tanah Grogot sebagai metode pembiasaan dalam transformasi ilmu pendidikan Islam kepada siswa, guna mengetahui latar belakang, partisipan, sarana-prasarana, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan. Sehingga dapat dideskripsikan pula faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pelaksanaan rutinitas tersebut seperti; faktor pendidik, peserta didik, ketersediaan waktu, sarana dan prasarana, serta hal-hal lainnya yang mempengaruhi pelaksanaan rutinitas amalan sunnah di MTs Al-Ihsan Tanah Grogot. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian dengan cara terjun kelapangan yang bertujuan menggali mengumpulkan data-data mengenai pelaksanaan rutinitas amalan sunnah di MTs Al-Ihsan Tanah Grogot. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, untuk memaparkan data-data yang berhubungan dengan objek yang diteliti melalui pengamatan langsung di lapangan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan cara memperpanjang masa pengamatan untuk triansgulasi data, menggunakan studi pendahuluan dan analisis data sebelum terjun ke lapangan. Kemudian mengumpulkan data dan mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan sebagai hasil penelitian yang menunjukkan deskripsi pelaksanaan rutinitas amalan sunnah pada siswa MTs Al-Ihsan Tanah Grogot. Penelitian ini berhasil mendeskripsikan kegiatan rutinitas seperti; sholat dhuha berjamaah, berdzikir, membaca dan murojaah Al-Quran, menjaga wudhu, bersedekah, sholat dzuhur berjamaah, dan sholat sunnah rawatib dzuhur di MTs Al-Ihsan Tanah Grogot. Proses penelitian ini dimulai dari pengumpulan data tentang profil madrasah dan program kegiatan di madrasah, dengan cara mewawancarai kepala madrasah, guru wali kelas, guru pembina program rutinitas, dan bagian yayasan Ponpes Al-Ihsan Tanah Grogot. Kemudian melakukan observasi terhadap profil madrasah, kegiatan pembiasaan program rutinitas amalan sunnah, pembelajaran, dan kegiatan di luar pembiasaan program rutinitas amalan sunnah dan pembelajaran, serta mendokumentasikan kegiatan-kegiatan dan sarana-prasarana di lokasi penelitian sebagai hasil penelitian yang menunjukkan deskripsi pelaksanaan rutinitas amalan sunnah pada siswa MTs Al-Ihsan Tanah Grogot.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:14
Last Modified: 19 Oct 2023 00:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25062

Actions (login required)

View Item View Item