EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Debitur yang Melakukan Pengajuan Restrukturisasi pada Bank Muamalat KC Banjarmasin

Al-Gaffari, Muhammad Yusuf (2023) Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Debitur yang Melakukan Pengajuan Restrukturisasi pada Bank Muamalat KC Banjarmasin. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (753kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Terjadinya pandemic Covid-19 mengakibatkan perbankan syariah harus melakukan cara agar dapar meringankan beban nasabah terdampak. Upaya yang dilakukan Bank Syariah dalam rangka membantu nasabah agar dapat menyelesaikan kewajibannya salah satunya melakukan Restrukturisasi Pembiayaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis hambatan dan strategi Restrukturisasi dalam penyelesaian pembiayaan selama pandemic virus Covid-19 pada bank Muamalat Kantor Cabang Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan pendekatran metode kualitatif untuk menganalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini ada 3 yakni pertama, faktor pembiayaan bermasalah di Bank Muamalat terjadi karena adanya faktor eksternal yaitu terjadinya wabah pandemic Covid-19 yang melanda Indonesia maupun Dunia. Kedua, Hambatan dalam penyelesaian pembiayaan Bank Muamalat Kantor Cabang Banjarmasin terjadi karena masalah verivikasi berkas administarasi yang harus dipenuhi oleh nasabah. Ketiga, strategi dalam penyelesaian pembiayaan Bank Muamalat Kantor Cabang Banjarmasin menggunakan Restrukturisasi melalui penjadwalan kembali (rescheduling), Persyaratan Kembali (reconditioning), Penataan Kembali (restructuring) sesuai dengan ketentuan dari Bank Indonesia. Hasil dari penelitian ini menghasilkan temuan-temuan pertama : terjadi permasalahan dalam pembiayaan yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal disebabkan dari faktor menurunya ekonomi nasabah karna kurangnya mengelola usaha sendiri. Faktor internal seperti kelalaian pihak bank dalam kurangnya menganalisa karakter nasabah dan usaha nasabah sehingga beresiko dapat memberikan kerugian pada pihak bank tersebut. Kedua : penanganan dalam menangani pembiayaan bermasalah dilakukan terdapat dua cara yaitu dengan penyelamatan dan penyelesaian pembiayaan. Adapun penangana pembiayaan bermasalah PT Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Banjarmasin sebagai berikut; pertama, penagihan yang dilakukan Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Banjarmasin kepada nasabah yang bermasalah, kedua dengan gugatan hukum salah satu cara penyelesaian pmbiayaan bermasalah,.ketiga ekskusi jaminan untuk dilelang , dan yang keempat WO (Write Off) diartikan sebagai penghapusan buku untuk mengeluarkan rekening aset yang tidak produktif lagi.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:02
Last Modified: 08 Nov 2023 03:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25079

Actions (login required)

View Item View Item