EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Mekanisme Manipulasi Harga “Saham Gorengan” di Pasar Modal (Ditinjau dari Fikih Muamalah dan Undang-Undang No 4 Tahun 2023 Tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan)

Kamal, Sirazuddin (2023) Mekanisme Manipulasi Harga “Saham Gorengan” di Pasar Modal (Ditinjau dari Fikih Muamalah dan Undang-Undang No 4 Tahun 2023 Tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (945kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan masyarakat dalam melakukan kegiatan investasi saham, hal ini bisa dilihat dari berita pers yang disampaikan oleh PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), alasan masyarakat tertarik untuk melakukan investasi saham dikarenakan keuntungan yang diperoleh dari saham tersebut dan bisa dilakukan secara fleksibel, akan tetapi investasi saham juga memiliki resiko yang bisa berakibat merugikan investor salah satunya adalah “saham gorengan”, saham ini adalah saham yang didalamnya terdapat market maker yang menggerakkan harga saham naik ataupun turun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme manipulasi harga pada “saham gorengan” dan mengetahui dampak dari “saham gorengan” tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (Statute Approach) dan pendekatan konseptual (Conseptual Approach). Pengumpulan data yang penulis lakukan melalui studi kepustakaan (library research), mengkaji kasus yang terjadi dan mengaitkan dengan peraturan perudang-undangan yang berlaku untuk mendukung penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan mekanisme manipulasi harga “saham gorengan” terbagi menjadi tiga fase yaitu fase akumulasi, fase mark up, dan fase distribusi. Dalam pandangan fikih muamalah ketiga fase ini dikategorikan sebagai skema pump and dump yang menurut Fatwa DSN-MUI No 80 tahun 2011 menyatakan bahwa skema pump and dump termasuk kedalam bai’ najasy yang haram dilakukan, hal ini ditegaskan dalam kitab Al-mughni dan Fathul Bari yang menyatakan bahwa ba'i najasy adalah perbuatan haram dan termasuk dalam kategori kebohongan serta orang yang terlibat dalam transaksi ba'i najasy akan berdosa. Sedangkan dalam pandangan Undang-Undang menyatakan bahwa fase akumulasi, fase mark up, dan fase distribusi adalah kegiatan yang dilarang dilakukan khususnya dalam pasal 92 dan 93 Undang-Undang No 4 Tahun 2023 Tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan. Adapun dampak yang ditimbulkan dari “saham gorengan” akan dirasakan oleh dua pihak yaitu bagi para investor dan emiten penerbit saham.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:16
Last Modified: 30 Oct 2023 02:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25185

Actions (login required)

View Item View Item