EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Peraturan Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus: Pilkades Pawalutan Tahun 2021 di Masa Covid - 19)

Ramadhan, Solikin (2023) Implementasi Peraturan Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus: Pilkades Pawalutan Tahun 2021 di Masa Covid - 19). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN .pdf

Download (211kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (985kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Peraturan Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara No 9 Tahun 2021 tentang Pemilihan Kepala Desa sebagai dasar desa Pawalutan dalam menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang mana situasi tersebut berada pada masa pandemi Covid-19 sehingga mengalami penyesuaian dalam proses Pilkdes. Penyelenggaran Pilkades di situasi pandemi juga rentan menjadi klaster baru Covid -19. Selain itu, penyelenggaraan Pilkades ini tidak terlepas dari kendala dalam penyelenggaraanya yang mana Pilkades kali ini penyelenggaraanya berbeda dengan yang telah lalu. Berdasarkan tujuan penelitian: 1) Mengetahui Implementasi Peraturan Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Pemilihan Kepala Desa di Desa Pawalutan Kecamatan Banjang Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2021 di masa Covid 19. 2) Mengetahui faktor-faktor kendala yang mempengaruhi Pemilihan Kepala di Desa Pawalutan di masa Covid 19. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian hukum empiris dengan pendekatan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik Pengolahan data ialah dengan editing, deskripsi dan penarikan kesumpulan. Analisis data mengguna analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian Impelentasi Peraturan Bupati Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Kepala Desa di Desa Pawalutan Kecamatan Banjang Kabupaten Hulu Sungai Utara di masa Covid-19 masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya. Hal ini dibuktikan dengan masih terdapat masyarakat yang kurang mematuhi protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker di tempat pemungutan suara. Adapun faktor-faktor kendala yang mempengaruhi pelaksanaan Pilkades di Desa Pawalutan yaitu adanya Covid-19 yakni kurangnya kepatuhan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan, letak geografis yakni adanya jarak antar RT karena desa Transmigrasi, juga kesadaran partisipasi masyarakat untuk memberikan hak pilihnya kurang maksimal yakni masih terdapat masyarakat yang tidak memberikan hak suaranya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Nov 2023 00:28
Last Modified: 01 Nov 2023 00:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

View Item View Item