EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tradisi Bapalas Bidan dalam Teori Tindakan Beralasan di Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan

Annisa, Rabiatul (2023) Tradisi Bapalas Bidan dalam Teori Tindakan Beralasan di Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (976kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Globalisasi merupakan perubahan pada peradaban umat manusia yang memengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Hal ini memiliki dampak positif dan negatif dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah bidang kebudayaan yang memiliki dampak negatif berupa hilangnya budaya asli sebuah negara dan berkurangnya rasa cinta terhadap budaya sendiri yang terdapat dalam penelitian Agustin. Namun pada kenyataan, masyarakat Indonesia masih melestarikan budaya atau tradisi daerah mereka. Seperti yang terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan, masyarakatnya masih melestarikan tradisi bapalas bidan hingga sekarang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui manfaat, dampak psikologis dan proses tradisi bapalas bidan di Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan yang dikaji menggunakan teori tindakan beralasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualtatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terbagi menjadi 2 tipe subjek yaitu subjek ahli dan subjek pelaku yang merupakan masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat tradisi bapalas bidan berguna bagi kesehatan badan yaitu membuat badan terasa lebih nyaman berdasarkan pernyataan subjek R, K dan JR. Selain itu juga bermanfaat bagi ibu yang melahirkan agar dapat bertemu dan berinteraksi dengan tetangga sekitar sebab masyarakat memiliki keyakinan bahwa setelah melahirkan tidak boleh keluar rumah selama 40 hari. Subjek K dan R juga mengatakan ada perasaan haru dan tenang saat prosesnya berlangsung. Tradisi bapalas bidan disebut juga dengan batapung tawar. Tradisi ini memiliki 4 tahapan yaitu pijat, batutungkal, doa dan makan bersama.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:46
Last Modified: 21 Nov 2023 07:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25360

Actions (login required)

View Item View Item