EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Perpustakaan dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Banjarmasin

Habibah, Siti (2023) Peran Perpustakaan dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (982kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (966kB)

ABSTRAK

Perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Banjarmasin melaksanakan gerakan literasi sekolah dengan tujuan meningkatkan literasi para siswa di sekolah MI Al-Aman Banjarmasin supaya para siswa semakin pandai dalam berliterasi dan menanamkan literasi itu penting untuk masa depan mereka. Pelaksanaan gerakan literasi saat itu belum dapat dikatakan optimal, karena terdapat kendala menyediakan koleksi bahan pustaka yang tidak ada pembaruan. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana peran perpustakaan dalam mendukung gerakan literasi sekolah dan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang ada saat pelaksanaan gerakan literasi sekolah di perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah AlAman Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah tenaga perpustakaan dan guru MI Al-Aman Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran perpustakaan dalam mendukung gerakan literasi sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Banjarmasin dengan menyediakan sarana dan prasarana berupa koleksi bahan pustaka yang bervariasi dan ruangan perpustakaan yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan gerakan literasi sekolah. Perpustakaan juga memanfaatkan tenaga perpustakaan dan guru untuk ikut serta dalam mengorganisir kegiatan gerakan literasi sekolah dengan memimpin dan mengajak para siswa. Pelaksanaan gerakan literasi sekolah ada tiga tahapan yaitu tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Pada tahap pembiasaan terdapat peserta didik melakukan kegiatan membaca buku di perpustakaan yang dilaksanakan setiap pagi selama 15 menit sebelum jam istirahat dimulai. Pada tahap pengembangan dan tahap pembelajaran, perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Banjarmasin, belum melanjutkan ke tahap selanjutnya dikarenakan memiliki kendala berupa interaksi antara guru dan murid yang belum terampil dalam berbicara untuk menanggapi buku yang dibaca, pihak guru yang belum bisa proaktif dalam mencari pembelajaran yang relevan. Adapun kendala-kendala dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai untuk mendukung kegiatan gerakan literasi di perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Banjarmasin, kurangnya sumber daya manusia (SDM), buku bacaan yang disediakan tidak ada pembaruan serta belum melakukan kegiatan akademik yang mendukung budaya literasi seperti wisata ke perpustakaan daerah karena kurangnya anggaran dana.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:02
Last Modified: 28 Dec 2023 03:02
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25493

Actions (login required)

View Item View Item