EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Administrasi Perkara dan Persidangan Melalui E-Court di Pengadilan Agama Banjarmasin

Mujib, Zahra Murdia (2023) Penerapan Administrasi Perkara dan Persidangan Melalui E-Court di Pengadilan Agama Banjarmasin. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya kemajuan perkembangan teknologi informasi di era disrupsi 4.0 seperti sekarang yang semuanya serba digital, dunia hukum juga dituntut melakukan perubahan yang signifikan dalam melakukan tindakan hukum, demikian pula dengan pelayanan administrasi perkara dan persidangan di pengadilan diharapkan menjadi lebih efektif dan efisien, ini menjadi salah satu alasan diluncurkannya aplikasi e-Court, dalam penerapannya e-Court tidak luput dari perbaikan, penambahan dan optimalisasi layanan, karena adanya permasalahan yang terjadi. Dalam hal ini penulis bertujuan ingin meneliti bagaimana penerapan administrasi perkara dan persidangan di Pengadilan Agama Banjarmasin serta permasalahan apa saja yang terjadi ketika penerapannya guna mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris, dengan pendekatan deskriftif kualitataif untuk memaparkan keadaan peristiwa hukum tentang e-Court, penelitian ini berlokasi di Pengadilan Agama Banjarmasin kelas IA dengan bersumber dari lima orang informan, yakni Hakim, Panitera, dua orang Panitera Muda Pengadilan Agama Banjarmasin, dan Advokat. Menggunakan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data, lalu data diolah dan dianalisis dengan teknik pengeditan, deksripsi, matriks, dan analisis data. Berdasarkan metode yang digunakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: pertama, Penerapan administrasi perkara dan persidangan melalui eCourt di Pengadilan Agama Banjarmasin dilaksanakan sejak diundangkannya peraturan tentang e-Court dan sudah diupayakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kedua, dalam penerapannya tidak luput dari suatu masalah, permasalahan yang terjadi berasal dari sistem layanan e-Court itu sendiri seperti perbaikan dari pusat, gangguan jaringan internet, dan faktor dari pengguna seperti kurangnya pemahaman pengguna, masalah disiplin waktu yang kurang, dan lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:43
Last Modified: 02 Jan 2024 07:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25539

Actions (login required)

View Item View Item