EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Digitalisasi Koleksi di Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan

Al-wafa, Rili Salsabila (2023) Digitalisasi Koleksi di Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang digitalisasi koleksi di perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Teknologi di perpustakaan mengalami perkembangan yang pesat. Seiring berjalanya waktu, teknologi di perpustakaan juga berkembang dan pustakawan di tuntut untuk lebih ahli dalam menggunakan dan memanfaatkan perpustakaan dengan baik, serta lebih memahami teknologi. Pada perkembangan zaman ini, perpustakaan di tuntut untuk lebih adaftif, oleh karena itu, perpustakaan sebagai penyedia informasi diharapkan mampu menyediakan informasi sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pemustaka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kegiatan digitalisasi di Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan serta untuk mengetahui manfaat dan kendala yang terdapat dalam mendigitalkan koleksi. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Melakukan analisis data dengan melalui tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi di perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan selatan melakukan pengelolaan dengan perencanaan seperti SDM, pendanaan dan Fasilitas dilanjutkan dengan pengadaan koleksi. Pengolahan koleksi digital dengan dua pelaksanaan yang berbeda, antara koleksi umum dan koleksi deposit. Tahapan koleksi umum didigitalkan oleh pihak Aksaramaya. Tahapan digitalisasi koleksi deposit ada tiga, yaitu scanning, editing dan uploading. Manfaat digitalisasi memberikan kemudahan untuk mengakses informasi dan menjaga koleksi dari kerusakan. Kendala digitalisasi anggaran yang cukup besar dan pada penyimpanan koleksi digital.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 05 Jan 2024 01:30
Last Modified: 05 Jan 2024 01:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25578

Actions (login required)

View Item View Item