EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Sejarah Islam di Rumah Qur’an Darur Ma’arif Kecamatan Banjarmasin Barat

Salsabila, Riskina (2023) Pembelajaran Sejarah Islam di Rumah Qur’an Darur Ma’arif Kecamatan Banjarmasin Barat. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
IDR Pernyataan.pdf

Download (167kB)
[img] Text
IDR Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
IDR Abstrak.pdf

Download (265kB)
[img] Text
IDR BAB I.pdf

Download (646kB)
[img] Text
IDR BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
IDR BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
IDR BAB IV.pdf

Download (453kB)
[img] Text
IDR BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
IDR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
IDR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Secara historis pendidikan sudah dilakukan sejak adanya manusia pertama di muka bumi yakni sejak Nabi Adam a.s. Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam yang dua pertiga isinya memuat tentang sejarah. Melihat fakta hari ini akan kita dapati bahwa peserta didik memiliki minat yang cukup rendah terhadap pembelajaran sejarah Islam. Padahal pembelajaran sejarah Islam selalu ada disetiap jenjang pendidikan formal. Selain pendidikan formal, ada pendidikan non formal yang juga menyediakan progam pembelajaran sejarah Islam, diantaranya rumah Qur’an Darur Ma’arif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah Islam di rumah Qur’an Darur Ma’arif serta untuk mengidentifikasi faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran sejarah Islam di rumah Qur’an Darur Ma’arif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu satu orang ustadzah dan sebelas orang santri kelas remaja di rumah Qur’an Darur Ma’arif. Adapun objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran sejarah Islam di rumah Qur’an Darur Ma’arif dan faktor- faktor yang mempengaruhi pembelajaran sejarah Islam. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran sejarah Islam di rumah Qur’an Darur Ma’arif, perencanaan pembelajarannya tidak dituliskan secara spesifik dan terstruktur. Dalam tahapan pelaksanaannya terdiri dari 3 tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun evaluasi pembelajarannya dilakukan dalam 2 bentuk yakni evaluasi pre-test dan post-test. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran sejarah Islam di rumah Qur’an Darur Ma’arif yaitu faktor peserta didik, faktor pendidik, faktor lingkungan belajar, faktor sarana dan prasarana, dan faktor alokasi waktu dalam pembelajaran sejarah Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 11 Jan 2024 00:08
Last Modified: 11 Jan 2024 00:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25641

Actions (login required)

View Item View Item