EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Program Tahfidz Pada Siswa SMK Negeri 3 Banjarmasin

Anwari, Muhammad Khatami (2023) Manajemen Program Tahfidz Pada Siswa SMK Negeri 3 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Generasi bangsa adalah generasi masa depan yang harus dibekali dengan pendidikan yang layak dan penanaman nilai agama yang kuat, agar kedepannya para generasi bangsa tidak hanya cerdas secara akademik namun juga memiliki akhlak yang mulia sesuai dengan kaidah Islam. dengan Pasal 5 UU Nomor 23 Tahun 2017 tentang sistem pendidikan non-akademik dengan menjelaskan kegiatan program dibawah bimbingan dan pengawasan sekolah yang bertujuan untuk mengembangakan potensi, bakat, minat, kemampuan dan kerjasama serta kemandirian peserta didik Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai oleh perkembangan program tahfiz di SMK Negeri 3 Banjarmasin yang menjadi proses dalam penanaman nilai-nilai Islami melalui program tersebut serta mewujudkan kualitas yang baik dan unggul. Dengan demikian, fokus penelitian ini terhadap manajemen (Perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dalam program tahfidz dalam meningkatkan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan pada suatu program terkhususnya program tahfidz yang dapat meningkat sekolah serta menimbulkan faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan progam ini. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan pendekatan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan empat subjek penelitian yaitu kepala sekolah, pimpinan program, ustazd-ustadzah, dan siswa-siswi. Analisis data menggunakan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Melalui hasil temuan dari penulis bahwa Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an di SMK Negeri 3 Banjarmasin sudah berjalan dengan baik dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Tahap perencanaan yaitu dengan memilih pembina, kemudian pengorganisasian yaitu pembentukan kepengurusan, selanjutnya tahapan pelaksanaan yaitu dilakukan pada setiap hari selasa, rabu, kamis setelah pulang sekolah/sesudah sholat ashar sampai sholat maghrib dan hari sabtu dilaksanakan pada jam 08.00 sampai dengan menjelang zuhur, sedangkan tahapan pengawasan yaitu dengan mengadakan ujian melalui pengulangan hapalan setelah per tiga bulan dan akhir semester dengan metode tasmi’.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:42
Last Modified: 12 Jan 2024 06:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25684

Actions (login required)

View Item View Item