EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Fundraising pada Lembaga Pendidikan Islam Swasta (Studi Multi Situs pada SDIT Ukhuwah Banjarmasin, SDIT Al-Firdaus Banjarmasin dan SDTQ Ummul Qura Kabupaten Banjar)

Safitri, Syaumi (2023) Manajemen Fundraising pada Lembaga Pendidikan Islam Swasta (Studi Multi Situs pada SDIT Ukhuwah Banjarmasin, SDIT Al-Firdaus Banjarmasin dan SDTQ Ummul Qura Kabupaten Banjar). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (705kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Besarnya uang masuk lembaga pendidikan Islam mengurangi kesempatan masyarakat untuk mengenyam pendidikan yang diinginkan. Kendala sumber dana mengharuskan sekolah swasta memiliki imajinatif dan kreatif yang lebih untuk mengatasi permasalahan pendidikan yang berkualitas dibandingkan dengan sekolah negeri yang memiliki sumber dana dari pemerintah pusat dan daerah. Tujuan pada penelitian ini Untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang perencanaan; pengorganisasian; pelaksanaan; pelaporan fundraising di SDIT Ukhuwah Banjarmasin, SDIT Al Firdaus Banjarmasin dan SDTQ Ummul Qura Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian pada 3 sekolah Islam swasta yaitu SDIT Ukhuwah Banjarmasin, SDIT Al Firdaus Banjarmasin dan SDTQ Ummul Qura Kabupaten Banjar. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara sekolah, tenaga kependidikan dan komite sekolah. Objek dalam penelitian ini adalah manajemen fundraising pada lembaga pendidikan Islam swasta yaitu SDIT Ukhuwah Banjarmasin, SDIT Al Firdaus Banjarmasin dan SDTQ Ummul Qura Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan fundraising SDIT Ukhuwah Banjarmasin, SDIT Al Firdaus Banjarmasin dan SDTQ Ummul Qura Kabupaten Banjar menentukan kebutuhan dengan musyawarah dan membuat daftar kebutuhan; mengidentifikasi sumber dana dengan melihat biodata orang tua peserta didik; menilai peluang yaitu penyelenggaraan pendidikan Islam dan penggunaan teknologi digital; mengidentifikasi hambatan yaitu media digital memiliki ancaman penipuan dan persaingan antar lembaga, (2) Pengorganisasian fundraising dilakukan oleh SDM yang memiliki visi dan misi yang sama, (3) Dalam pelaksanaan, melakukan berbagai program yang bertujuan untuk menumbuhkan empati peserta didik; menggunakan metode fundraising langsung dan tidak langsung, (4) Dalam pengawasan fundraising, sekolah melakukan pelaporan dalam bentuk tertulis dalam laporan singkat melalui media sosial. Ketiga sekolah ini memenuhi harapan donatur, memberikan layanan yang baik, menjalin silaturahim melalui undangan kegiatan, memberikan ucapan terima kasih kepada donatur dan memberi penghargaan berupa barang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 15 Jan 2024 00:56
Last Modified: 15 Jan 2024 00:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25704

Actions (login required)

View Item View Item