EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tradisi Baayun Maulid dalam Perspektif Pendidikan Islam di Desa Podok Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar

Kamelia, Dewi Ayu (2023) Tradisi Baayun Maulid dalam Perspektif Pendidikan Islam di Desa Podok Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (367kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (843kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang dari penelitian ini adalah tradisi Baayun Maulid yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Podok Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar yang biasanya dilakukan di rumah. Tradisi Baayun Maulid diyakini sudah ada sejak zaman dulu. Pelaksanaan tradisi Baayun Maulid biasanya dilaksanakan ketika lahirnya seorang anak, waktu pelaksanaan bisa dilakukan kapan saja, namun seringnya ketika tiba bulan Maulid. Alasan pelaksanaan tradisi Baayun Maulid karena keturunan, hajat serta nazar dari orang tua dan menghindari dari kepingitan atau segala sesuatu yang tidak baik terjadi pada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan tradisi Baayun Maulid dan nilai-nilai pendidikan apa saja yang bisa diketahui dari tradisi Baayun Maulid di Desa Podok Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua grub Baayun Maulid, tetua desa dan tokoh agama serta masyarakat Desa Podok yang melaksanakan tradisi Baayun Maulid. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah proses pelaksanaan tradisi Baayun Maulid dan nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Baayun Maulid di Desa Podok Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari pelaksanaan tradisi Baayun Maulid adalah bahwa dalam pelaksanaan tradisi Baayun Maulid orang tua harus mempersiapkan ayunan yang sudah dihias dengan berbagai anyaman, serta ayunan yang dilapisi 3 kain, dibawah ayunan di letakkan piduduk , serta disiapkan wadai lekatan, cucur dan apam. Proses pelaksanaan tradisi Baayun Maulid dimulai dengan acara batampung tawar, lalu dibacakan syair, ketika syair asroqal makanan yang digantung pada ayunan direbutkan, syair terakhir dilakukan dengan iringan gendang serta rudat, dilanjutkan dengan batumpang apam. Sedangkan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam pelaksanaan tradisi Baayun Maulid di Desa Podok adalah nilai keimanan yang mendidik untuk memperkuat keimanan kepada Allah dan cinta kepada Rasulullah Saw., nilai akhlak yaitu gotong royong, doa, sedekah, silaturrahmi, syukur dan nilai ibadah dalam kegiatan pembacaan ayat suci al-Qur’an serta nilai muamalah serta sosial yaitu dari terjalinnya silaturrahmi dari sesama masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:01
Last Modified: 15 Jan 2024 03:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25711

Actions (login required)

View Item View Item