EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Konservasi Bahan Pustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan

Qurratul ‘ain, Anisah (2023) Strategi Konservasi Bahan Pustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (397kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Perpustakaan merupakan lembaga yang terfokus kepada pelayanan masyarakat. Oleh karena itu, koleksi perpustakaan yang tersedia tentunya memungkinkan agar dapat diakses oleh semua kalangan. Koleksi yang tersedia pada umumnya juga berasal dari tahun yang relatif lama dimana koleksi tersebut tentu harus dirawat dan dilestarikan agar dapat dimanfaatkan kembali bagi pemustaka di masa yang akan datang. Namun, penulis menemukan fakta di lapangan bahwa Dinas Perpustakan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan memiliki koleksi yang tua, rusak, dan aus. Bahkan ada beberapa koleksi yang dimakan serangga seperti rayap. Atas dasar ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi konservasi bahan pustaka dan faktor penyebab kerusakan bahan pustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu pustakawan yang bekerja pada bidang pelestarian bahan pustaka, sedangkan objek penelitian adalah strategi konservasi bahan pustaka di DISPERSIP Kalimantan Selatan. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan pemeriksaan ulang di lapangan. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah strategi konservasi yang digunakan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan terbilang sederhana. Kegiatan pencegahan kerusakan bahan pustaka dengan cara pemasangan CCTV serta rambu-rambu peringatan dan peraturan tata tertib pengunjung pada ruang pengunjung. Proses perbaikan dan perawatan koleksi bahan pustaka menggunakan peralatan yang sederhana seperti gunting, lem, cutter, kertas samson, benang jahit khusus untuk menjahit sampul buku, jarum, penggaris, dan lain sebagainya. Kegiatan fumigasi dilakukan satu kali dalam satu tahun. Faktor kerusakan bahan pustaka disebabkan karena umur buku yang sudah tua dan kondisi fisik buku yang sudah rapuh juga karena manusia yang tidak mengerti perawatan bahan pustaka, serangga yang bersarang pada koleksi, dan pertumbuhan jamur akibat koleksi yang lembab.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:48
Last Modified: 15 Jan 2024 06:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25726

Actions (login required)

View Item View Item