EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Positive Thinking dalam Q.S. Al-Baqarah/2: 216 dan Implementasinya dalam Memaknai Hidup (Studi Tafsir Al-Mishbâh Karya M. Quraish Shihab)

Patimah, Siti (2024) Positive Thinking dalam Q.S. Al-Baqarah/2: 216 dan Implementasinya dalam Memaknai Hidup (Studi Tafsir Al-Mishbâh Karya M. Quraish Shihab). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan Keaslian .pdf

Download (313kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (750kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (836kB)

ABSTRAK

Setiap manusia selalu dihadapkan pada persoalan hidup, mulai dari persoalan dengan diri sendiri, keluarga, teman, lingkungan kerja, maupun lingkungan masyarakat, yang menimbulkan sebuah perubahan-perubahan hidup dan sebagian darinya menghasilkan sebuah keputusan yang tidak sesuai dengan harapan. Sehingga berdampak pada ketidaktepatan dalam memaknai sebuah peristiwa yang terjadi dalam hidupnya, dan menimbulkan prasangka-prasangka yang tidak baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami makna positive thinking yang terdapat pada Q.S. Al-Baqarah/2: 216 menurut Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbâh, serta implementasinya dalam memaknai sebuah kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, serta dengan menggunakan analisis isi (content analisis) sebagai teknik analisis data. Berdasarkan penelitian ini, dapat diketahui bahwa, pada penafsiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbâh mengenai Q.S. Al-Baqarah/2: 216, beliau tidak menjelaskan secara langsung makna dari Positive thinking (husnu al-zhan), bahkan kata positive thinking itu sendiri tidak terdapat pada penafsiran beliau tersebut. Akan tetapi, bagaimana kemudian positive thinking itu tercermin dalam kehidupan, justru terdapat pada penafsiran beliau pada ayat ini. Yaitu dari pernyataan beliau yang menganjurkan untuk senantiasa menanamkan sikap tawakal, yakni berserah diri kepada Allah swt, serta senantiasa hidup seimbang, yaitu selalu optimis ketika ditimpa kesedihan dan tidak larut dalam kegembiraan ketika diberi kenikmataan hidup yang menjadikannya lupa diri. Kemudian bagaimana implementasi positive thinking dalam memaknai hidup pada Tafsir Al-Mishbâh dapat dipahami dari pernyataan beliau yang menganjurkan untuk senantiasa menanamkan sikap tawakal, yaitu berserah diri kepada Allah swt, serta senantiasa hidup seimbang, yakni selalu optimis ketika ditimpa kesedihan dan tidak larut dalam kegembiraan ketika diberi kenikmataan hidup yang menjadikannya lupa diri. Bukti seseorang ber-positive thinking dalam penafsiran tersebut yaitu dengan adanya sikap optimisme dan sabar ketika dalam keadaan yang tidak disenangi, bersyukur ketika dalam keadaan yang disenangi sehingga tidak menjadikannya lupa diri, serta tawakal berserah diri kepada Allah dari semua usaha yang dilakukan dan yakin bahwa semua yang terjadi merupakan atas kehendak Allah dan ketetapan yang terbaik untuk hamba-Nya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:34
Last Modified: 19 Jan 2024 02:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25838

Actions (login required)

View Item View Item