EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemahaman Ayat-ayat Sabar dan Syukur dalam Pengajian Kitab Hidâyah al-Sâlikîn Perspektif K.H. Ahmad Zuhdiannor

Ramadhan, Rahmat (2024) Pemahaman Ayat-ayat Sabar dan Syukur dalam Pengajian Kitab Hidâyah al-Sâlikîn Perspektif K.H. Ahmad Zuhdiannor. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (983kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (526kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (941kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Ayat-ayat Al-Qur’an merupakan petunjuk dan pedoman utama bagi seluruh umat manusia, terkhusus ditujukan untuk seluruh umat Islam. Di antara ayat-ayat Al-Qur’an ada yang menjelaskan tentang cara mengelola hati atau batin agar menjadi tenang, tentram dan damai dalam menghadapi lika-liku kehidupan di dunia. Tuan Guru K.H. Ahmad Zuhdiannor atau yang lebih sering dipanggil dengan sebutan Guru Zuhdi merupakan salah satu ulama yang masyhur di Kota Banjarmasin yang sering membawakan topik-topik tasawuf di dalam pengajiannya, dan yang paling sering dibahas oleh beliau adalah sabar dan syukur. Urgensi dan daya tarik permasalahan dari penelitian ini adalah ayat-ayat sabar dan syukur yang diuraikan Guru Zuhdi dalam pengajian Kitab Hidâyah al-Sâlikîn terdapat petunjuk, pelajaran dan relevansi yang sangat penting di dalamnya terhadap permasalahan yang dialami masyarakat yang berusaha menghadapi realita kehidupan yang dipenuhi dengan bencana, musibah dan cobaan. Meskipun Guru Zuhdi sudah wafat, penelitian yang mengkaji pengajian Kitab Hidâyah al-Sâlikîn bab sabar dan syukur oleh Guru Zuhdi yang dimuat dalam sebuah channel Youtube bernama Retna lisa sangat menarik untuk di teliti. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan klasifikasi ayat-ayat sabar dan syukur dalam pengajian Kitab Hidâyah al-Sâlikîn perspektif K.H. Ahmad Zuhdiannor dan mengetahui pemahaman ayat-ayat sabar dan untuk mengetahui syukur dalam Pengajian Kitab Hidâyah al-Sâlikîn perspektif K.H. Ahmad Zuhdiannor ditinjau menggunakan metodologi tafsir Al-Qur’an. Metode penelitian ini masuk ke dalam jenis penelitian pustaka (library research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat 8 ayat yang membahas sabar dan syukur dalam Kitab Hidâyah al-Sâlikîn dan 31 ayat didapat dari pemahaman Guru Zuhdi. Pemahaman Guru Zuhdi dari segi sumbernya termasuk ke dalam tafsîr bi al-ma’tsûr, dari segi keluasannya masuk ke dalam ijmâlî dan tahlîlî, dari segi langkahnya masuk ke dalam maudhû’i dan dari segi coraknya adalah corak umum yang terdiri dari teologi, fiqh, sufi dan adabî ijtimâ’î.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:47
Last Modified: 25 Jan 2024 05:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25991

Actions (login required)

View Item View Item