EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Akad Salam dalam Jual Beli Kemiri (Studi Kasus di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong)

Isnaniah, Isnaniah (2024) Pelaksanaan Akad Salam dalam Jual Beli Kemiri (Studi Kasus di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (465kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Skripsi ini dilatarbelakangi dari penjual yang tidak melaksanakan kewajibannya pada transaksi jual beli kemiri dengan baik. pihak pembeli telah menerima barang pesanan yang ternyata barang tersebut ada cacat hingga pembeli di sini merasa dirugikan. Penjual juga tidak menyerahkan barang pesanan tepat waktu sesuai dengan ketentuan diawal. Dari permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini pertama adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan akad salam dalam jual beli kemiri dan bagaimana hukumnya menurut pandangan hukum Islam. Dan tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui bagaimana penyelesaian sengketa dari akad salam yang terjadi pada jual beli kemiri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriftif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penjual dan pembeli kemiri. Peneliti meneliti di lokasi Kecamatan Jaro adalah karena kasus tersebut ditemukan di sana. Adapun objeknya ialah pelaksanaan akad salam terhadap jual beli kemiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan para informan yang berjumlah 4 orang, yaitu dari 1 orang penjual dan 3 orang pembeli kemiri. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan yaitu terdapat 3 macam kasus dengan 2 permasalahan yang sama dan 1 berbeda yaitu 2 kasus terlaksana akad salam namun tidak sebagaimana mestinya dan 1 kasus tidak terlaksana akad salam karena terlambat dan ini tidak sesuai dengan rukun dan syarat menurut hukum Islam. Adapun terkait kasus terlaksanaya akad salam namun tidak sebagaimana mestinya, sangat jelas bahwa adanya barang cacat dan pembeli tidak rela. Pada kasus 2 tidak terlaksanan akad salam karena terlambat, penjual tidak bisa mengirim barang dengan tepat waktu sesuai dengan yang telah ditentukan dan karna hal ini pembeli merasa dirugikan. Adapun faktor penyebab yang melatarbelakangi tidak berjalan baik dalam pelaksanaannya adalah karena kendala dalam proses menyiapkan pesanan. Penyelesaian dari kasus tersebut menggunakan 2 cara yaitu pertama menggunakan jalur perdamaian yang dalam Islam disebut shulh dan kedua yaitu pemberian hak khiyar aib kepada pembeli dalam bentuk penggantian barang yang cacat.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 26 Jan 2024 00:33
Last Modified: 26 Jan 2024 00:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26006

Actions (login required)

View Item View Item