EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Motivasi Berprestasi Peserta Didik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMKN 1 Banjarmasin

Halidah, Halidah (2023) Motivasi Berprestasi Peserta Didik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMKN 1 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
HalidahPERNYATAAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
HalidahAWAL.pdf

Download (670kB)
[img] Text
HalidahABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Halidah BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
HalidahBAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
HalidahBAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
HalidahBAB IV.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Halidah BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
HalidahDAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
HalidahLAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Aktif kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMKN 1 Banjarmasin sehingga cukup banyak prestasi yang pernah diraih dalam kegiatan tersebut. Ekstrakurikuler sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan bakat serta minat peserta didik dalam bidang non akademik. Motivasi tentu sangat dipelukan untuk mencapai sebuah prestasi dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat motivasi beprestasi peserta didik dalam kegaiatan ekstrakurikuler pramuka di SMKN 1 Banjarmasin, serta mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi peserta didik dalam ekstrakurikuler pramuka. Jenis dan pendekatan penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif metode yang digunakan yaitu suvei. Populasi Dalam penelitian ini peserta didik kelas x yang berjumlah 529 orang dan sampel berumlah 40 orang yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, Teknik penarikan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan alasan tidak semua yang aktif ini berdasarkan keinginan dari diri sendiri atau terpilih. Adapun pengumpulan data menggunakan observasi, angket, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dalam kegiatan ektrakurikuler pramuka memiliki tingkat motivasi berprestasi yang tinggi dengan rata-rata sebesar 74,62% yaitu memiliki motivasi, mampu dalam mengambil keputusan dan menanggung resiko dari keputusan yang diambil serta selalu memiliki tujuan dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Dari faktor intrinsik dengan rata-rata 74,94% pada kategori tinggi. indikator keinginan akan sukses dengan persentase 81% kategori sangat tinggi demikian jika keinginan akan sukses sangat mempengaruhi motivasi berprestasi peserta didik. Sedangkan faktor ekstrinsik dengan rata-rata sebesar 72,34% pada kategori tinggi. pada indikator lingkungan dengan persentase 79% pada kategori sangat tinggi, menunjukkan bahwa lingkungan mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi peserta didik dalam berprestasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:33
Last Modified: 26 Jan 2024 01:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26011

Actions (login required)

View Item View Item