EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Storytelling sebagai Sarana Promosi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Laut

Rahmatika, Nur (2023) Storytelling sebagai Sarana Promosi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya minat masyarakat khususnya anak-anak yang berada di daerah Kabupaten Tanah Laut untuk berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Laut terlihat dari sepinya ruang layanan anak. Oleh karena itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah laut melakukan berbagai macam kegiatan untuk mempromosikan perpustakaan yaitu salah satunya berupa kegiatan storytelling (bercerita) yang diperuntukkan untuk anak-anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan perubahan sikap pengunjung setelah diadakan storytelling sebagai sarana promosi di Dinas Perpustakaan dan kearsipan kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang terjun langsung kelapangan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang pustakawan dan tiga orang siswa yang sedang mengikuti kegiatan storytelling. Sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan storytelling. Berdasarkan hasil pembahasan, diperoleh simpulan bahwa pelaksanaan storytelling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Tanah Laut meliputi a) Persiapan sebelum storytelling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Laut adalah memilih cerita harus menyesuaikan dengan karakteristik dan usia anak. Pemilihan tempat kegiatan di luar atau di dalam ruangan perpustakaan. Selain itu, dalam menyampaikan cerita pendongeng harus bisa menghafal cerita yang akan disampaikan. b) Saat kegiatan storytelling berlangsung di Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Tanah Laut, pendongeng hendaknya memperhatikan gerak-gerakan tubuh, pengucapan intonasi suara dan kecepatan (tempo) yang bagus dalam menyampaikan cerita dan menggunakan alat peraga dan bahasa yang mudah dipahami c) Sesudah kegiatan storytelling berakhir anak-anak diharapkan dapat memahami dan mengerti inti dari cerita yang telah disampaikan oleh pendongeng.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:04
Last Modified: 26 Jan 2024 02:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26014

Actions (login required)

View Item View Item