EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tingkat Spiritual Quotient pada Guru yang Mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Banjarmasin

Rabbani, Ahmad (2023) Tingkat Spiritual Quotient pada Guru yang Mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (598kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Pendidikan adalah usaha yang dilakukan dengan kesadaran dan tujuan untuk meningkatkan mutu manusia. Pendidikan tidak hanya terbatas pada anak-anak yang memiliki perkembangan normal, melainkan setiap individu berhak untuk belajar dan menerima pendidikan, termasuk anak-anak dengan kebutuhan khusus. Guru memiliki peran sentral dalam dunia pendidikan karena mereka adalah individu yang secara langsung berinteraksi dengan siswa untuk membimbing dan memberikan arahan. Menjadi seorang guru tidaklah gampang, karena guru tidak hanya mengajar akan tetapi juga diberikan tanggung jawab menjlankan keorganisasina sekolah, apalagi seorang guru yang mengajar di SDB, dimana mereka menghadapi anak didik yang membutuhkan perhatian dan kesabaran lebih. Dalam menghapadi kompleksitas pekerjaan guru, bukan hanya membutuhan IQ dan EQ, akan tetapi diperlukannya SQ sebagai dasar untuk menjalankan IQ dan EQ. Maka, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat spiritual quotient pada guru yang mengajar di sekolah luar biasa dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat spiritual quotient berdasarkan jenjang usia dan jenis kelamin. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey dan bantuan studi kepustakaan. Sehingga, memperkuat analisis penelitian dalam membuat suatu kesimpulan. Subjek terdiri dari guru-guru yang mengajar di SLBN 2 Banjarmasin, SLB Harapan Bunda dan SLB BC Paramita Graha. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang guru. Pengambilan data menggunakan skala kecerdasan spiritual yang didasarkan oleh teori K.H Toto Tasmara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spiritual quotient guru-guru yang mengajar di SLB Banjarmasin memiliki kecerdasan spiritual tinggi, uji validitas dilakukan dengan menggunakan koefisien korelasi product moment dari Pearson dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22. Adapun uji reliabilitas dilakukan melalui pendekatan satu kali pengukuran (Single Trial Administration) dengan menghitung koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,858. Seletah itu dilakukan uji kategorisasi dan hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kecerdasan guru SLB lebih dominan pada kategori tinggi, yaitu 78,1% atau sebanyak 50 orang guru, sedangkan 14 orang atau 21,9% berada pada kategori sedang. Data ini bermakna bahwa kecerdasan spiritual guru yang mengajar di SLB kota Banjarmasin tergolong tinggi. Lalu peneliti juga mendapatkan hasil bahwa hasil analisis statistic juga menunjukkan kecerdasan spiritual guru Perempuan lebih tinggi jika dibandingkan dengan guru laki-laki. Sedangkan jika ditinjau dari umur, dapat diketahui bahwa semakin matang usia seseorang maka kecerdasan spiritual cenderung akan meningkat pula.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Psikologi Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:58
Last Modified: 26 Jan 2024 08:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26052

Actions (login required)

View Item View Item