EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Pengelolaan Kelas di TK Negeri Wanaraya Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala

Khafifah, Nur (2024) Manajemen Pengelolaan Kelas di TK Negeri Wanaraya Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya pengelolaan kelas untuk menciptakan faktor yang dapat menciptakan dan mempertahankan suasana kelas serta kondisi kelas agar selalu tampak efektif. Terciptanya suasana kelas yang efektif memiliki pengaruh besar terhadap berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif. Manajemen (pengelolaan) betujuan untuk menciptakan suasana sosial yang baik di dalam kelas, sehingga kondisi itu dapat memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional, sikap, serta apresiasi yang positif bagi para anak. Dan yang tak kalah penting manajemen (pengelolaan) kelas bertujuan untuk membantu anak agar dapat bekerja dengan tertib, sehingga tujuan pengajaran secara efektif dalam kelas dapat tercapai. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan tanpa menggunakan angka statistik tetapi dengan pemaparan secara deskriftif, dengan teknik pengumpulan data berupa: 1) Observasi; 2) Wawancara; dan 3) Dokumentasi. Hasil penelitian dalam pengelolaan kelas di TK Negeri Wanaraya Barito Kuala adalah sebagai berikut: 1) Penataan sarana dan prasarana ruangan disesuaikan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan; 2) Pengelompokan meja dan kursi disesuaikan dengan kebutuhan anak sehingga mereka memiliki ruang gerak yang lebih leluasa; 3) Dinding dapat digunakan untuk menempel sarana yang dipergunakan sebagai sumber belajar dan hasil kegiatan anak tetapi jangan terlalu banyak agar tidak menganggu perhatian anak; 4) Peletakan dan penyimpanan alat bermain diatur sedemikian rupa sesuai dengan fungsinya sehingga dapat melatih anak untuk pembiasaan yang ingin di capai seperti kemandirian, tanggung jawab, membuat keputusan, kebiasaan mengatur kembali peralatan dan sebagainya; 5) Alat bermain untuk kegiatan pengaman diatur dalam ruangan, sehingga dapat berfungsi apabila diperlukan oleh peserta didik; 6) Kelas untuk anak TK perlu di rancang menyenangkan. Warna-warna terang dan riang sangat disukai anak-anak; 7) Cahaya matahari di usahakan dapat masuk ruangan dengan baik agar kelas tidak gelap.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 29 Jan 2024 12:25
Last Modified: 29 Jan 2024 12:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26095

Actions (login required)

View Item View Item