EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Gaya Kepemimpinan Spiritual (Spiritual Leadership) Tuan Guru H. Imansyah Amir dan Tuan Guru H. Ahmad Barmawi (Studi Multi Kasus Pendidikan Islam Pondok Pesantren Assunniyyah dan Majelis Taklim Darul Musthafa di Kabupaten Tapin)

Rahmat, Fauzan (2023) Gaya Kepemimpinan Spiritual (Spiritual Leadership) Tuan Guru H. Imansyah Amir dan Tuan Guru H. Ahmad Barmawi (Studi Multi Kasus Pendidikan Islam Pondok Pesantren Assunniyyah dan Majelis Taklim Darul Musthafa di Kabupaten Tapin). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (433kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kepemimpinan spiritual merupakan suatu yang sangat urgen untuk dimiliki oleh seorang pemimpin terlebih kepemimpinan seorang kiai. Hasil penelitian Hendrik dan Ludemen di Amerika menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan spiritual sangat berperan penting dalam menciptakan kinerja yang optimal. Di daerah Kabupaten Tapin yaitu Tuan Guru H. Imansyah Amir Lc dan Tuan Guru H. Ahmad Barmawi merupakan sosok yang sangat karismatik dan dikenal oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan spiritual (spiritual leadership) Tuan Guru H. Imansyah Amir dan Tuan Guru H. Ahmad Barmawi. Di samping itu membandingkan dengan mencari persamaan dan perbedaan kepemimpinan spiritual (spiritual leadership) kedua tokoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melaui wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknin model Miles yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya Kepemimpinan Spiritual (Spiritual Leadership) Tuan Guru H. Imansyah Amir dapat digambarkan sebagai pemimpin yang berkarisma, memiliki pola hubungan yang akrab dengan bawahan dan masyarakat. Di samping itu dalam kepemimpinannya beliau mampu memberi motivasi dan solusi terhadap permasalahan masyarakat maupun mad’u pada jamaah di majlis taklimnya. (2) Gaya Kepemimpinan Spiritual (Spiritual Leadership) Tuan Guru H. Barmawi dapat digambarkan sebagai pemimpin yang karismatik karena beliau tokoh agama sepuh yang sangat dikagumi masyarakat maupun kalangan politikus. Dalam interaksi beliau lebih terorganisir karena banyaknya lembaga yang ditangani. (3) Persamaan dan perbedaan gaya kepemimpinan spiritual (spiritual leadership) Tuan Guru H. Imansyah Amir dan tuan Guru H. Barmawi meliputi karisma yang dimiliki kedua tokoh. Di samping itu keduanya sering diminta untuk memberikan nasehat dan arahan oleh masyarakat terhadap berbagai permasalahan. Perbedaan terletak pada pola interaksi dengan bawahan maupun masyarakat. Tuan Guru H. Imansyah Amir lebih terorganisir dan Guru H. Barmawi lebih kepada tidak secara formal. Hal ini dipengaruhi juga pada urusan yang mereka tangani yaitu pondok pesantren dan majelis taklim.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:17
Last Modified: 04 Apr 2024 06:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26409

Actions (login required)

View Item View Item