EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MTsS MUHAMMADIYAH 3 AL-FURQAN BANJARMASIN

Fauzan Pebri Wikaldi, Ahmad (2024) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MTsS MUHAMMADIYAH 3 AL-FURQAN BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (638kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (654kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin menjadi salah satu madrasah favorit dan maju dengan banyaknya jumlah siswa sebanyak 249 dan siswi sebanyak 311. Dengan banyaknya siswa membuat kepala madrasah untuk lebih aktif dalam memperhatikan siswanya untuk membangun kesadaran diantara siswa pentingnya mematuhi peraturan madrasah sehingga menciptakan budaya madrasah yang didasarkan pada kedisiplinan, tanggung jawab, dan keamanan, yang dapat mendukung pembelajaran yang efektif dan harmonis di madrasah. Peran kepala madrasah adalah sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator atau disingkat dengan (EMASLIM). Adapun realita di lapangan MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin terlihat bahwa peran kepala madrasah belum sepenuhnya berjalan secara optimal. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai EMASLIM di MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin dan objeknya Kepala Madrasah MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian peran kepemimpinan kepala madrasah MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin telah menjalankan peran sebagai Educator, Administrator, Supervisor, Manajer, Leader, Motivator dan Inovator (EMASLIM) dengan baik, meskipun masih ada yang belum terlaksana dengan optimal. Kepala madrasah MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin telah menjalankan tugasnya dengan baik terlihat para guru melaksanakan kegiatan pembelajaran maupun staf dengan baik. Hal ini membuktikan peran kepemimpinan yang telah dijalankan oleh kepala madrasah MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin telah berjalan cukup baik serta meningkatnya keprofesionalan guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:46
Last Modified: 18 Apr 2024 05:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26459

Actions (login required)

View Item View Item