EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengelolaan Arsip Dinamis (Studi Kasus di Balai Teknik Rawa Banjarmasin)

Husna, Hafizhah (2024) Pengelolaan Arsip Dinamis (Studi Kasus di Balai Teknik Rawa Banjarmasin). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (269kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK_REVISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Keberadaan arsip merupakan salah satu sumber informasi bagi instansi, seiring dengan eksistensi dan perkembangan dari instansi, maka semakin bertambah juga volume arsip. Sehingga dengan keadaan ini arsip membutuhkan sistem pengelolaan arsip yang baik agar dapat menciptakan efektifitas, efisiensi, dan produktifitas bagi instansi. Balai Teknik Rawa Banjarmasin merupakan satuan unit lembaga pemerintah yang memiliki tugas pokok untuk melaksanakan pengembangan, perekayasaan, dan pelaksanaan pelayanan teknis pengujian, pengkajian, inspeksi, dan sertifikasi di bidang rawa. Dari tugas pokok tersebut dapat dilihat bahwa volume arsip akan selalu bertambah seiring dengan kegiatan yang dilaksakan oleh Balai Teknik Rawa Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan arsip di Balai Teknik Rawa Banjamasin dan untuk mengetahui sumber daya kearsipan di Balai Teknik Rawa Banjamasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Teknik Rawa Banjarmasin. Informan dalam penelitian ini merupakan salah satu penanggung jawab terhadap pengelolaan arsip di Balai Teknik Rawa Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, penyelenggaraan arsip di Balai Teknik Rawa Banjarmasin sejalan dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat. Dalam pengelolaan arsip meliputi kegiatan penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, dan penyusutan arsip. Hasil menunjukan bahwa pengelolaan arsip di Balai Teknik Rawa Banjarmasin belum dilaksanakan sepenuhnya, karena ada beberapa kegiatan pengelolaan arsip yang belum dilaksanakan. Dalam Sumber daya kearsipan di Balai Teknik Rawa Banjarmasin belum memiliki arsiparis, memiliki fasilitas penunjang pengelolaan arsip yang sudah memadai, dan pendanaan dalam pengelolaan arsip dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Kementerian (APBN)

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:47
Last Modified: 18 Apr 2024 06:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26461

Actions (login required)

View Item View Item