EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Penombokan Bibit Ayam Pada Sistem Bagi Hasil Pemeliharaan Ayam Broiler di Desa Batu Mulya Kecamatan Panyipatan

Safitri, Yuli (2024) Praktik Penombokan Bibit Ayam Pada Sistem Bagi Hasil Pemeliharaan Ayam Broiler di Desa Batu Mulya Kecamatan Panyipatan. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN .pdf

Download (274kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya praktik penombokan bibit ayam pada sistem bagi hasil pemeliharaan ayam broiler di Desa Batu Mulya Kecamatan Panyipatan yang dilakukan oleh para peternak dalam mengantisipasi kerugian pada peternak karena adanya risiko ayam mati yang hanya ditanggung oleh pihak peternak tanpa mengetahui faktor dari risiko tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik penombokan bibit ayam pada sistem bagi hasil pemeliharaan Ayam Broiler di Desa Batu Mulya Kecamatan Panyipatan dan untuk mengetahui bagaimana penanggungan risiko pada sistem bagi hasil pemeliharaan Ayam Broiler di Desa Batu Mulya Kecamatan Panyipatan. Metode penelitian yang digunakan adalah hukum empiris dengan pendekatan sosiologi hukum. Lokasi penelitian ini adalah di Desa Batu Mulya Kecamatan Panyipatan. Adapun Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi dokumenter, dan studi kepustakaan. Sedangkan untuk tektik pengelohan data menggunakan teknik editing data, deskripsi, dan matriks. Untuk menganalisis data yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu, 1). Praktik penombokan bibit ayam pada sistem bagi hasil pemeliharaan Ayam Broiler di Desa Batu Mulya Kecamatan Panyipatan tidak sesuai dengan hukum perikatan Islam yang terletak pada syarat terjadinya suatu perikatan yang harus disesuaikan dengan prinsip syariah dan harus didasari dengan iktikad baik para pihak yaitu dengan melaksanakan perjanjian atau akad kedua belah pihak dengan kejujuran dan terhindar dari kecurangan. Selain itu praktik ini tidak sesuai dengan syarat dalam hukum syirkah karena praktik tersebut tidak terdapat pada perjanjian awal sehingga menimbulkan ketidakjelasan pada kesesuaian produktifitas yang mereka lakukan. 2). Penanggungan risiko pada sistem bagi hasil pemeliharaan Ayam Broiler di Desa Batu Mulya Kecamatan Panyipatan belum sesuai dengan hukum islam pada akad syirkah karena dalam menetapkan penanggungan risiko yang hanya ditanggung peternak tidak dengan mengetahui faktor dari risiko tersebut sehingga menimbulkan ketidak adilan antara kedua belah pihak dan juga tidak sesuai dengan asas-asas dalam hukum perikatan Islam yang terletak pada kontrak (perjanjian) yang harus ditentukan sesuai dengan hak serta kewajiban masing-masing dengan didasarkan pada asas persamaan dan kesetaraan yang dilakukan dengan kesepakatan berdasarkan suka sama suka.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:36
Last Modified: 24 Apr 2024 01:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26491

Actions (login required)

View Item View Item