EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tahfiz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfiz Wa Ad-Da’wah Al-Ihsan Bentok Bati-Bati Kalimantan Selatan

Hanapi, Abdul Hamid (2024) Tahfiz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfiz Wa Ad-Da’wah Al-Ihsan Bentok Bati-Bati Kalimantan Selatan. Skripsi, Usuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (625kB)

ABSTRAK

Upaya untuk menghafal Al-Qur’an di Indonesia banyak dilakukan oleh para ulama yang belajar di Timur Tengah dan kemudian kembali ke tanah air mereka. Namun, minat dalam menghafal Al-Qur’an telah meningkat pesat di masyarakat. Penelitian ini berfokus pada Pondok Pesantren Tahfizh Wa ad- Da'wah Al-IhsanBentok Bati-Bati, Kalimantan Selatan. Pondok pesantren ini mengkombinasikan pendidikan tahfidz Al-Qur’an dengan keikutsertaan dalam Jama'ah Tabligh. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Pertama, bagaimana aktifitas Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfizh Wa Da'wah Al-Ihsan Bentok Bati- Bati Kalimantan Selatan? Kedua, bagaimana motivasi Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfizh Wa Da'wah al-Ihsan? Metode penelitian yang diperlukan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif lapangan, di mana analisis disajikan dalam bentuk uraian berdasarkan data yang tersedia yang didapat dari obeservasi, wawancara dan diskusi. Penulis memberikan penjelasan lebih lanjut dengan menggunakan literatur-literatur yang relevan terkait dengan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah bahwasanya praktik tahfiz al-Qur'an dan pendekatan dakwah personal Jama'ah Tabligh memegang peranan krusial dalam membentuk individu dan masyarakat yang lebih mendalam dalam pemahaman dan pengamalan ajaran-ajaran Al-Qur'an. Meskipun memiliki fokus yang berbeda, keduanya secara bersama-sama memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk masyarakat yang taat dan responsif terhadap nilai-nilai Al-Qur'an. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa konsep Living Qur'an, yang diterapkan oleh Jama'ah Tabligh, tidak hanya terbatas pada pemahaman teks, melainkan membawa pengaruh positif dalam perilaku dan interaksi sosial, memperkuat kesadaran akan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 May 2024 00:20
Last Modified: 28 May 2024 00:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26569

Actions (login required)

View Item View Item