EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Masjid Al-Munawwarah Kota Buntok Kalimantan Tengah

Kamaliah, Nurul (2024) Manajemen Masjid Al-Munawwarah Kota Buntok Kalimantan Tengah. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (405kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (456kB)

ABSTRAK

Penelitian ini meliputi tentang manajemen masjid yang mencakup idarah (administrasi masjid), imarah (memakmurkan masjid),dan riayah (memelihara masjid). Ketiga aspek tersebut tentunya sangat erat sekali dengan penerapan manajemen masjid, tanpa adanya ketiga aspek tersebut maka kegiatan operasional masjid yang meliputi administrasi, meramaikan, dan memelihara bangunan masjid akan berjalan tidak baik dan tidak profesional. Masjid Al-Munawwarah dikatakan mempunyai manajemen yang baik dalam bidang idarah, imarah, maupun riayahnya, dibuktikan dengan administrasi yang cukup teratur, banyaknya kegiatan yang dilaksanakan, dan juga pemeliharaan yang dilakukan terhadap masjid. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen idarah, imarah, dan riayah Masjid Al-Munawwarah Buntok dan juga kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua masjid, ketua I masjid, ketua bidang imarah masjid, dan jemaah masjid. Penelitian ini berlokasi di Masjid Al-Munawwarah Buntok Kalimantan Tengah. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dalam menganalisis data, penulis menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen masjid yang meliputi idarah, imarah, dan riayah sudah dijalankan dengan cukup baik di masjid Al�Munawwarah. Idarah di masjid Al-Munawwarah meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengadministrasian, keuangan dan pengawasan. Imarah yang dilakukan di Masjid Al-Munawwarah yaitu kegiatan peribadatan, majelis taklim, remaja masjid, pendidikan berbasis masjid, pembinaan ibadah sosial, peringatan Hari Besar Islam, dan kesehatan. Adapun riayah di Masjid Al-Munawwarah tentunya selalu dilakukan pemeliharaan yang rutin dan dilakukan oleh petugas yang sudah dijadwalkan. Dengan idarah, imarah, dan riayah yang baiklah Masjid Al�Munawwarah bisa menjalankan kegiatan operasional masjid yang meliputi administrasi, meramaikan dan memelihara bangunan berjalan dengan baik dan profesional.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 31 May 2024 06:58
Last Modified: 28 Jun 2024 07:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26585

Actions (login required)

View Item View Item