EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Kebersyukuran dengan Body Image pada Ibu Menyusui di Kelurahan Kelayan Timur Kecamatan Banjarmasin Selatan

Karimah, Nur Asy Syifa (2024) Pengaruh Kebersyukuran dengan Body Image pada Ibu Menyusui di Kelurahan Kelayan Timur Kecamatan Banjarmasin Selatan. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (915kB)
[img] Text
AWAL_OK.pdf

Download (800kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (822kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (963kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (826kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (972kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Setiap individu pasti sangat memperhatikan penampilannya agar terlihat menarik, begitu juga dengan perempuan yang sudah memiliki anak dan sedang menyusui, merasa tidak puas dengan penampilannya karena mempengaruhi kondisi fisiknya dari awal kehamilan sampai ia menyusui anaknya, untuk itu menerima diri sendiri tanpa berat hati akan membuat lebih bahagia dan selalu bersyukur dalam menjalani kehidupan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kebersyukuran dengan body image pada ibu menyusui di Kelurahan Kelayan Timur Kecamatan Banjarmasin Selatan. Penelitian ini menggunakan 2 variabel menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert dengan 2 macam skala: Kebersyukuran, dan Body Image. Sampel pada penelitian ini ialah 92 ibu menyusui di Kelurahan Kelayan Timur. Cara analisisnya menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS for Windows versi 25. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) Pada tingkat kebersyukuran pada Ibu menyusui di Kelurahan Kelayan Timur Kecamatan Banjarmasin Selatan didominasi pada kategori sedang sebanyak 63 orang atau 68,5%, pada Tingkat tinggi sebanyak 20 orang atau 21,7%, dan pada tingkat rendah sebanyak 9 orang atau 9,8%. Aspek kebersyukuran yang paling mempengaruhi kebersyukuran ibu menyusui di Kelurahan Kelayan Timur adalah aspek Intensitas dengan sumbangan efektif sebesar 52,9%. (2) Pada tingkat body image didominasi pada kategori sedang sebanyak 57 orang atau 62,0%, pada tingkat tinggi sebanyak 21 orang atau 22,8%, dan pada tingkat rendah sebanyak 14 orang atau 15,2%. Aspek body image yang paling mempengaruhi body image ibu menyusui di Kelurahan Kelayan Timur adalah aspek body area satisfaction (kepuasaan terhadap bagian tubuh) dengan sumbangan efektif sebesar 23,5%. (3) Diperoleh koefisien (R Square) sebesar 20,4% yang mengandung arti bahwa ada pengaruh variabel independen (kebersyukuran) terhadap variabel terikat (body image)

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Psikologi Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:27
Last Modified: 04 Jun 2024 03:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26607

Actions (login required)

View Item View Item