EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pola Asuh dan Kelekatan Single Parent dengan Anak Usia Dini di Desa Ulin Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Shalehah, Mar'atus (2024) Pola Asuh dan Kelekatan Single Parent dengan Anak Usia Dini di Desa Ulin Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (897kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (652kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Single Parent harus memenuhi kebutuhannya sendiri dan kebutuhan anak seorang diri. Hal ini mengakibatkan kurangnya waktu antara single parent dengan anak yang menyebabkan kurangnya kelekatan anak dan single parent. kelekatan yang kuat akan membuat anak senang berinteraksi dan di dekat orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pola asuh, kelekatan dan cara single parent dalam menghadapi kendala dalam pengasuhan, serta dampak dari pola asuh dan kelekatan single parent dalam kehidupan seharihari. Subjek dalam penelitian ini adalah single parent yang mempunyai pekerjaan, mempunyai anak usia dini, dan berada di Desa Ulin Kabupaten Hulu Sungai Selatan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian naratif yang dilakukan dengan melakukan wawancara dan dokumentasi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 pola asuh yang diterapkan oleh single parent, yakni pola asuh otoriter dan demokratis. Kelekatan yaitu memberikan nasehat kepada anak, menghibur anak di saat anak merasa sedih, meluangkan waktu bersama anak, menanyakan perasaan anak saat beraktivitas, memeluk anak, menggendong anak, selalu mengawasi anak, membantu anak ketika anak mengalami kesulitan, mencium anak, bercanda bersama anak, berdiskusi, membiarkan anak untuk bertanggung jawab dengan apa yang dilakukannya, memberikan pilihan kepada anak, anak menentukan pilihannya sendiri, mendengarkan dan membiarkan anak berbicara terkait apa yang ia lakukan, dan menceritakan buku sebelum tidur. Kendala dari pengasuhan single parent ini adalah masalah kebutuhan ekonomi, sulit membagi waktu, kelelahan bekerja, kurangnya sosok seorang ayah dan masalah dalam diri Single Parent, kewalahan membagi waktu antara mengurus anak dan waktu kerja, dan kerepotan mengurus anak sambil bekerja.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 21 Jun 2024 08:22
Last Modified: 21 Jun 2024 08:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26762

Actions (login required)

View Item View Item