EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Nilai-Nilai Karakter Sopan Santun pada Keluarga di Desa Kuringkit Kabupaten Tanah Laut

Hardiani, Isti (2024) Pembinaan Nilai-Nilai Karakter Sopan Santun pada Keluarga di Desa Kuringkit Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (485kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (488kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (509kB)

ABSTRAK

Keluarga merupakan pendidikan pertama bagi anak, orang tua memiliki peran dan tanggung jawab dalam membina karakter yang baik kepada anak. Orang tua memiliki cara yang bermacam-macam dalam mendidik anak. Pada zaman sekarang ini anak-anak mulai kurang memperhatikan sopan santun maka dari itu peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mendidik dan mengawasi anaknya agar tidak terjerumus dalam hal yang tidak baik. Hal ini terlihat bahwa di Desa kuringkit sebagian anak yang berbicara kurang sopan contohnya ketika berbicara dengan orang lain dengan suara keras(membentak) atau ketika orang lain sedang berbicara mereka berani menyela. Disamping itu, mereka dengan santainya berkata kasar dengan melontarkan kata-kata yang tidak baik, kata-kata itu mereka anggap hal yang lumrah, kemudian mengejek teman dengan sebutan binatang atau menghina fisik teman, lewat dihadapan orang yang lebih tua tanpa permisi, dan membantah pada saat orang tuanya memberikan nasehat dan bahkan tidak didengarkannya. Hal ini dikarenakan kurangnya pendidikan dan pengawasan orang tua karena kebanyakan orang tua di Desa Kuringkit sibuk bekerja sebagai petani dan memiliki pendidikan rendah. Seharusnya sebagai orang tua memberikan pengawasan kepada anak agar mereka tidak terjerumus pada perilaku yang tidak baik. Yaitu dengan membina pendidikan agama khususnya sopan santun dalam keluarga di kehidupan sehari-hari. Tujuannya untuk mengetahui pembinaan nilai karakter sopan santun pada keluarga dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pembinaan nilai karakter sopan santun pada keluarga tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan( filed Reseach) dengan metode deskriftif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 5 kepala keluarga beserta isterinya yang memiliki anak usia 7-12 tahun yang berada di Desa Kuringkit Kabupaten Tanah Laut. Adapun objek dalam penelitian ini yaitu pembinaan nilai-nilai karakter sopan santun pada keluarga di Desa Kuringkit Kabupaten Tanah Laut. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya diproses dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Kuringkit Kabupaten Tanah Laut sudah baik dalam membina nilai karakter sopan santun dengan cara teladanan, pembiasan, dan nasehat. Faktor pendukung dalam membina nilai karakter sopan santun pada keluarga yaitu perhatian orang tua, pendidikan orang tua,dan kegiatan kegamaan. Adapun faktor penghambat dalam menamakan nilai karakter sopan santun pada keluarga yaitu keterbatasan waktu orang tua, lingkungan, dan penggunaan handphone.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:14
Last Modified: 21 Jun 2024 03:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26766

Actions (login required)

View Item View Item