EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Program Khusus Dai Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa

Hasanah, Ni’matul (2024) Pengaruh Program Khusus Dai Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN NI'MATUL HASANAH (1).pdf

Download (47kB)
[img] Text
AWAL NI'MATUL HASANAH.pdf

Download (634kB)
[img] Text
ABSTRAK NI'MATUL HASANAH.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I NI'MATUL HASANAH.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II NI'MATUL HASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB III NI'MATUL HASANAH.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV NI'MATUL HASANAH.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB V NI'MATUL HASANAH.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NI'MATUL HASANAH.pdf

Download (77kB)
[img] Text
LAMPIRAN NI'MATUL HASANAH.pdf

Download (699kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya ilmu pengetahuan di era teknologi sekarang ini, adanya pendidikan bagi setiap orang merupakan suatu hal yang sangat penting. Dalam al Qur’an dijelaskan bahwa ilmu dan pendidikannya diturunkan bersama turunnya Nabi Adam, As. Dan dijelaskan bahwa sebagai umat Islam diperintahkan untuk menyeru kebaikan. Dalam hal ini seorang dai merupakan salah satu bagian terdepan dalam mensyiarkan agama Islam. Maka dari itu mempersiapkan dan mencetak generasi dai yang mumpuni dari segi teknologi, keilmuan maupun kemampuan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk era sekarang ini. Karena nantinya mereka yang akan mampu menyebarkan agama Islam secara global. Maka prestasi merupakan hal yang penting, baik itu akademik atau non akademik. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan metode penelitian dengan pendekatan Kuantitatif Deskriptif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 responden. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara; angket. Variabel X yang digunakan pada penelitian ini adalah Program Khusus Dai dan Variabel Y pada penelitian ini adalah Prestasi Akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara program khusus dai terhadap prestasi akademik mahasiswa. Hal ini dapat diketahui dari nilai t tabel sebesar 3.641 dan nilai t hitung sebesar 3.282. jadi, dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (3.541 > 3.282). Dan diketahui bahwa dari nilai signifikasi sebesar 0.005 < 0.05. Hal ini memberikan makna bahwa program khusus dai memberikan pengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa. (2) Program khusus dai memiliki pengaruh 40,2% terhadap prestasi akademik mahasiswa. Hal ini diketahui dari tabel Model Summary dapat menjelaskan bahwa besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,634. Dari hasil output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,402. Diketahui R Square bernilai antara 0-1 dengan ketentuan semakin mendekati satu berarti semakin baik. Jika R Square bernilai 0,402, yang mengandung pengertian bahwa variabel (program khusus dai) berpengaruh terhadap variabel terikat (prestasi akademik) meskipun pengaruhnya yang cukup besar yaitu sebesar 40,2 % dan 59,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:21
Last Modified: 30 Jul 2024 01:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27582

Actions (login required)

View Item View Item