EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Full Day School dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SMAIT Ukhuwah Banjarmasin

Mahmudah, Mahmudah (2019) Pelaksanaan Full Day School dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SMAIT Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (638kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Peran dan tugas sekolah dihadapkan pada tantangan yang sangat besar dan kompleks akibat pengaruh negatif dari era globalisasi serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mempengaruhi kepribadian dan akhlak siswa sebagai generasi muda penerus bangsa. Program full day school diharapkan membuat siswa menjadi pribadi yang baik dan berperilaku sesuai dengan tuntunan agama melalui berbagai pembiasaan perilaku islami dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan full day school dalam pembentukan akhlak siswa di SMAIT Ukhuwah Banjarmasin serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan full day school dalam pembentukan akhlak siswa di SMAIT Ukhuwah Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru PAI, serta siswa-siswi di SMAIT Ukhuwah Banjarmasin. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk pengolahan data dilakukan melalui teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan full day school dalam pembentukan akhlak siswa di SMAIT Ukhuwah Banjarmasin dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler meliputi kegiatan belajar mengajar serta bina pribadi islami dan kegiatan ekstrakurikuler meliputi pramuka, olahraga dan seni serta kegiatan tarhib Ramadhan. Faktor pendukung pelaksanaan full day school dalam pembentukan akhlak siswa adalah adalah kurikulum yang sesuai dengan integrasi nilai-nilai keislaman, SDM yang berkualitas, sarana dan prasarana yang memadai, serta adanya dukungan dari orangtua siswa. Adapun faktor penghambat pelaksanaan full day school dalam pembentukan akhlak siswa adalah faktor lingkungan siswa dan faktor pendanaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: Mahmudah Mahmudah
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:45
Last Modified: 29 Jul 2019 02:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12469

Actions (login required)

View Item View Item