EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

DETERMINAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KABUPATEN TAPIN

Marlina, Marlina (2021) DETERMINAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KABUPATEN TAPIN. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (828kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (462kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil survei pendahuluan yang peneliti lakukan di MTsN sekabupaten Tapin pada siswa kelas VII mengenai prestasi belajar untuk Sejarah Kebudayaan Islam masih dalam kategori rendah. Dari data itu menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum optimal dalam pencapaian prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam. Disamping itu masih ada siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah pelajaran yang membosankan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional artinya peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeteksi tingkat kaitan variasi – variasi yang ada dalam suatu faktor dengan variasi – variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi. Dalam penelitian ini ada 2 variabel bebas yaitu faktor intern (X1) dan faktor ekstern (X2) dan 1 variabel terikat yaitu prestasi belajar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang disebabkan memakai perhitungan angka. Artinya semua data berupa angka baik itu score ataupun nilai yang kemudian data itu dianalisis memakai statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang tujuannya untuk menjawab rumusan masalah dan hipotesis yang diajukan sebagai diterminan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTsN se- Kabupaten Tapin. Hasil analisa data dan setelah dikorelasikan ternyata dapat diketahui bahwa : 1. Besaran pengaruh Faktor Intern menentukan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTsN se-kabupaten Tapin bahwa R squere sebanyak 0,011 (1,1 %.). Hal ini memberikan informasi bahwa besaran pengaruh faktor intern sebesar 1,1 % dan sisanya 98,9 % dipengaruhi oleh faktor lain. Apabila dilihat dari table korelasi ditemukan tidak ada pengaruh yakni sebanyak 0,104 dan 0,035. 2. Besaran pengaruh Faktor Ekstern menentukan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTsN se-kabupaten Tapin bahwa R squere sebesar 0,012 ( 1,2 %). Hal ini memberikan informasi bahwa besaran pengaruh faktor ekstrn sebesar 1,2 % dan sisanya sebesar 98,8 dipengaruhi oleh faktor lain. Apabila dilihat dari table korelasion terdapat korelasi positif sangat rendah yakni sebesar 0,007 dan 0,084. 3.Besaran pengaruh Faktor Intern dan Ekstern menentukan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTsN se-kabupaten Tapin bahwa R squere sebesar 0,021 (2,1 % ). Hal ini memberikan informasi bahwa besaran pengaruh faktor Intern dan ekstern sebesar 2,1 % dan sisanya sebesar 97,9 % dipengaruhi oleh faktor lain.Apabila dilihat dari table korelasion terdapat korelasi positif sangat rendah yakni sebanyak 0,104, 0,035, 0,007 dan 0,084.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Jun 2021 01:00
Last Modified: 25 Jun 2021 01:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16324

Actions (login required)

View Item View Item