EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Keterampilan Dasar Mengajar Guru SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTsN 3 Banjarmasin

Farid, Miftah (2020) Keterampilan Dasar Mengajar Guru SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTsN 3 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (310kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan dasar mengajar guru SKI di MTsN 3 Banjarmasin. Faktor-faktor yang mendukung keterampilan dasar mengajar guru SKI di MTsN 3 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah field riset (bersifat deskriftif) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan dasar mengajar guru SKI di MTsN 3 Banjarmasin, sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru guru Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 3 Banjarmasin pada kelas VIII yang berjumlah satu orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumenter. Setelah data terkumpul selanjutnya diproses melalui pengumpulan, editing, klasifikasi dan reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa; pelaksanaan keterampilan dasar mengajar SKI di MTsN 3 Banjarmasin telah berjalan dengan teori yang ada dan sesuai dengan keterampilan belajar mengajar. Adapun keterampilan dasar mengajar yang sering digunakan guru di MTsN 3 Banjarmasin adalah keterampilan menjelaskan dengan cara bercerita dan bertanya. Keterampilan menjelaskan dengan cara bercerita yang digunakan guru yaitu menggabungkan sejarah masa silam dengan keadaan sekarang sedangkan keterampilan bertanya yang guru gunakan yaitu memberikan waktu kepada peserta didik untuk menanyakan hal yang tidak mereka pahami, jika tidak maka guru yang akan memberi pertanyaan. Faktor-faktor yang mendukung guru dalam keterampilan dasar mengajar terdapat pada peserta didik, kurangnya menyerap materi yang diajarkan dan kurangnya ingatan serta minat baca peserta didik tentang sejarah kebudayaan Islam. Dalam keterampilan dasar mengajar guru melihat situasi dan kondisi peserta didik didalam kelas, jika tidak memungkinkan menggunakan menggunakan keterampilan belajar mengajar yang sudah ada di RPP maka guru mengganti dengan keterampilan belajar mengajar yang lain sehingga dapat menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:05
Last Modified: 14 Jan 2020 02:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13475

Actions (login required)

View Item View Item