EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Banjar

Al Hadisi, Ahmad Saufi (2020) Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (735kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Pendidikan karakter sebenarnya bukan hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Karakter adalah sikap pribadi yang stabil hasil proses konselidasi secara progresif dan dinamis, integrasi, penyataan, dan tindakan. Dalam pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan berperilaku yang membantu individu untuk hidup dan bekerja bersama sebagai keluarga, masyarakat, dan membantu mereka untuk memuat keputusan yang dapat di pertanggung jawabkan. Dengan hal-hal tersebut pentingnya pendidikan karakter di madrasah untuk di laksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di MIN 9 Banjar dari program madrasah, intrakurikuler & kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter siswa-siswi di MIN 9 Banjar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas IV/A V/C VI/A, tiga siswa/i IV/A, tiga siswa/i V/C, tiga siswa/i VI/A dan Pembina ekskul pramuka, habsy, tari, olah raga. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskritif kualitatif dalam tahap penganalisaan data, sedangkan objek penelitian pelaksanaan pendidikan karakter yang ada di madrasah tersebut dalam 18 nilai karakter di MIN 9 Banjar. Dalam penarikan kesimpulan di gunakan metode induktif, yaitu menarik kesimpulan yang bersifat khusus menjadi suatu kesimpulan umum. Bedasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa pelaksanakan pendidikan karakter di madrasah ibtidaiyah negeri 9 banjar meliputi kegiatan progam madrasah, intrakurikuler & kokurikuler, dan eksrakurikler. Program madrasah meliputi apel senin, tadarus al qur’an, solat zuhur jama’ah, dan jum’at sehat & takwa terdapat 17 nilai karakter, intrakurikuler & kokurikuler meliputi pengajaran dalam kelas dan luar kelas yang terdapat 16 nilai karakter, ekstrakurikuler meliputi pramuka, habsy, tari dan olah raga yang terdapat 18 nilai karakter. Adapun faktor-faktor pendukung yang meliputi: guru pengajar dan orang tua wali siswa, keperibadian siswa dan ligkungan madrasah, dan sarana dan prasarana madrasah. Serta faktor peghambatnya yaitu banyaknya siswa-siswi di madrasah di luar dari fasilitas yang di sediakan, sarana dan prasarana yang kurang baik menjadi penghambat, lingkungan keluarga di rumah, dan kurangannya Ruangan khusus untuk kegiatan eskul maulid habsy dan tari.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AHMAD SAUF AHMAD SAUFI AL HADISI AHMAD SAUFI AL HADISI
Date Deposited: 26 Feb 2020 01:25
Last Modified: 26 Feb 2020 01:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13771

Actions (login required)

View Item View Item