EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HUDA DAMIT PELAIHARI

Istikomah, Nurul (2020) PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HUDA DAMIT PELAIHARI. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (704kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penulis mendapatkan beberapa masalah siswa pada Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Damit Pelaihari diantaranya ada beberapa siswa yang tidak berakhlak baik, seperti: kurang sopannya siswa kepada guru, ada beberapa siswa yang datang terlambat, bersantai-santai di kantin pada saat adzan sudah berkumandang dan ada yang tidak mengikuti sholat sunnah duha berjamaah dan sholat dzuhur berjamaah. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran aqidah akhlak dan guru BK (Bimbingan Konseling) serta siswa/i MTs Darul Huda Damit Pelaihari. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya mengolah data sesuai dengan masalah yang dikemukakan melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak, pembentukan akhlakul karimah siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak yang meliputi metode keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat dan ganjaran serta faktor pendukung dan penghambat pembentukan akhlakul karimah siswa. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pembentukan akhlakul karimah siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak pada MTs Darul Huda Damit Pelaihari dapat dilihat dari: a. Perencanaan, guru aqidah akhlak tidak membuat perencanaan pembelajaran baik itu program tahunan, program semester, silabus maupun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Seharusnya perencanaan pembelajaran merupakan tahapan awal yang harus dikerjakan setiap kali melaksanakan proses pembelajaran, agar proses pembelajaran yang berlangsung dapat berjalan dengan baik, efektif serta efesien dan juga tercapainya kompetensi yang diharapkan dalam tujuan pembelajaran. b. Proses pelaksanaan terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. c. Pelaksanaan pembelajaran di kelas yaitu dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat dan ganjaran. d. Faktor pendukung dan penghambat pembentukan akhlakul karimah siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak yaitu faktor pendukung yang berhubungan dengan kepribadian atau pembawaan siswa dan faktor penghambat yaitu faktor lingkungan, keluarga dan sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 12 Nov 2020 05:21
Last Modified: 12 Nov 2020 05:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14889

Actions (login required)

View Item View Item