EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penggunaan Metode Tamyiz pada Pembelajaran At- tarkib Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Ulumul Qur’an Barito Kuala

Khanifah, Siti Nur (2021) Penggunaan Metode Tamyiz pada Pembelajaran At- tarkib Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Ulumul Qur’an Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (726kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (467kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode tamyiz pada pembelajaran at-tarkib mata pelajaran bahasa Arab di MI Ulumul Qur’an barito Kuala yang meliputi tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode tamyiz pada pembelajaran at-tarkib mata pelajaran bahasa Arab di MI ulumul Qur’an Barito Kuala yang terdiri dari faktor guru, faktor peserta didik, faktor sarana dan prasarana dan faktor waktu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dan satu orang guru mata pelajaran bahasa Arab kelas IV MI Ulumul Qur’an Barito Kuala. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan metode tamyiz pada pembelajaran at-tarkib mata pelajaran bahasa Arab beserta faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode tamyiz pada pembelajaran at-tarkib mata pelajaran bahasa Arab di MI Ulumul Qur’an Barito Kuala. Teknik pengumpuan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah koleksi data, editing, klasifikasi data dan interpretasi. Setelah data terkumpul dan diolah, selanjutnya disajikan secara deskriptif kualitatif dalam bentuk uraian-uraian sehingga dapat menggambarkan permasalahan yang diteliti secara memadai dan utuh. Setelah itu diadakan analisis data secara kualitatif dengan merangkai dan membahas data, baik menurut teori atau pun pendapat penulis sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tamyiz pada pembelajaran at-tarkib mata pelajaran bahasa Arab di MI ulumul Qur’an Barito Kuala sudah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan prosedur pembelajaran yang termuat di RPP, walaupun guru melupakan beberapa langkah pembelajaran pada kegiatan awal dan akhir yang termuat di RPP, tetapi secara keseluruhan sudah terjabar secara rinci. Faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode tamyiz pada pembelajaran at-tarkib yaitu, faktor guru, faktor peserta didik, faktor sarana dan prasarana serta faktor waktu. Semua faktor sangat berperan penting dan saling memiliki keterkaitan dalam mendukung terlaksananya proses pembelajaran at-tarkib menggunakan metode tamyiz untuk mencapai tujuan pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NUR KAMARI NUR KAMARIAH NUR KAMARIAH
Date Deposited: 05 Feb 2021 06:49
Last Modified: 05 Feb 2021 06:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15299

Actions (login required)

View Item View Item