EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Pesan Komunikasi Dakwah Dalam Animasi Anak “Riko The Series” melalui Youtube

Ramadayanti, Ramadayanti (2021) Analisis Pesan Komunikasi Dakwah Dalam Animasi Anak “Riko The Series” melalui Youtube. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (733kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (982kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (893kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penyampaian pesan-pesan dakwah menggunakan media internet seperti halnya youtube. Salah satu program youtube yang menjadi media penyampaian pesan dakwah tersebut adalah animasi Riko The Series yang dibuat oleh Garis Sepuluh Corporation. Permasalahan dari penelitian ini adalah pesan komunikasi dakwah dalam animasi Riko The Series. Sedangkan Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui isi pesan dakwah yang terdapat dalam animasi yang mana terdiri dari 3 unsur yakni akidah, syariah dan akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode Deskriptif Kualitatif dan menggunakan analisis Semiotika Charles Sanders Peirce. Analisis ini digolongkan cukup sesuai untuk menganalisis unsur dakwah yang terdapat dalam animasi tersebut yakni berupa tanda, objek dan interpretasi. Ada dua episode yang diteliti dalam animasi ini yaitu episode Hujan dan Sahabatku. Pesan komunikasi dakwah yang ada pada setiap episode nya dapat diketahui unsur dakwahnya dilihat dari aspek tanda, objek, dan interpretasi yang menggunakan analisis Semiotika Charles Sanders Peirce. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian ini ditemukan unsur akidah, syariah dan akhlak. Pertama pesan aqidah membahas tentang keimanan berupa Syukur, Tawakal, menghadirkan Allah dalam setiap aktivitas dan kekaguman kepada Allah SWT. Kedua, pesan syariah yaitu berhubungan dengan ibadah berupa mengucapkan Salam dan melaksanakan Sholat. Ketiga pesan akhlak yaitu berakhlak baik, mengucapkan terimakasih, tolong menolong dan maaf memaafkan. Disimpulkan bahwa seluruh unsur yang terdapat dalam animasi Riko The Series episode Hujan dan Sahabatku ada variasi-variasi pesan dakwahnya namun masih dalam ruang lingkup ajakan keimanan dan kebaikan sesuai dengan ajaran agama Islam. Untuk itu, penulis menyarankan kepada media terutama Televisi agar tetap menayangkan animasi yang dapat dijadikan sebuah contoh yang baik dan bukan hanya sekadar untuk hiburan semata. Kemudian untuk para penonton serial animasi, animasi bukan hanya sebagai tontonan tetapi juga pelajaran dari apa yang ditonton dalam sebuah animasi tersebut. Dan buat orangtua agar dapat menjadikan animasi ini sebagai tontonan bagi anak-anak mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:39
Last Modified: 09 Aug 2021 02:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16841

Actions (login required)

View Item View Item