EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KORELASI GAYA BELAJAR VERBAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TAPIN.

NISA, KHAIRUN (2022) KORELASI GAYA BELAJAR VERBAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TAPIN. Skripsi, Tarbiyah dan keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN - Khairun Nisa.pdf

Download (224kB)
[img] Text
AWAL - Khairun Nisa.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK - Khairun Nisa.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I - Khairun Nisa.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II - Khairun Nisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III - Khairun Nisa.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV - Khairun Nisa.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB V - Khairun Nisa.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Khairun Nisa.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN - Khairun Nisa.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini berlandaskan penggunaan gaya belajar verbal pada proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tapin kelas VII. Sebelumnya, gaya belajar adalah cara belajar yang sering dilakukan siswa dalam belajar dan yang mereka sukai. Dengan gaya belajar tersebut dapat meningkatkan konsentrasi sehingga mereka menjadi nyaman dan senang dalam belajar. Ada pun gaya belajar verbal adalah ketika siswa belajar secara dominan dengan menggunakan teknik membaca dan menulis. Peneliti juga melihat hasil belajar yang didapatkan siswa pun cukup beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan gaya belajar verbal, hasil belajar siswa, dan korelasi gaya belajar verbal dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tapin. Metode yang peneliti gunakan ialah metode penelitian analisis data kuantitatif deskriptif. Data yang diperoleh adalah data dari siswa (berupa angket) dan guru (berupa dokumen). Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian explanatif (explanative research). Jenis penelitian ini digunakan untuk menunjukkan hubungan antar variabel. Teknik penelitian yang peneliti gunakan ialah teknik analisis korelasional (correlation research), yaitu sebuah pernyataan yang menunjukkan ada atau tidak adanya hubungan anatara dua variabel atau lebih. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tapin yang berjumlah 159 siswa. Penentuan sampel dalam hal ini menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate random sampling yang berjumlah 60 siswa. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat melalui nilai r-hitung = -0,087. Adapun nilai r-tabel taraf signifikan 5% = 0,250. Berdasarkan analisis data tersebut bahwa, nilai r-hitung lebih kecil dibandingkan dengan r-tabel. Maka Ha ditolak dan H0 diterima. Kesimpulan yang dapat diambil ialah tidak ada Korelasi Gaya Belajar Verbal dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tapin.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:04
Last Modified: 31 Jan 2022 04:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18188

Actions (login required)

View Item View Item