EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE PADA PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQURAN DI MI HIDAYATUSSHIBYAN HULU SUNGAI UTARA

Rasyidi, Muhammad (2022) PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE PADA PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQURAN DI MI HIDAYATUSSHIBYAN HULU SUNGAI UTARA. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK M. RASYIDI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pembelajaran Baca Tulis Alquran adalah salah satu pelajaran yang termuat dalam kurikulum muatan lokal di Madrasah Ibtidaiyah di mana Baca Tulis Alquran ialah usaha untuk menyiapkan peserta didik dalam membaca dan menulis permulaan huruf-huruf hijaiyah, memahami dan mengamalkan Alquran sebagai kitab suci agamanya. Setiap pembelajaran memerlukan strategi tidak terkecuali pembelajaran Baca Tulis Alquran. Strategi Reading Guide merupakan strategi di mana peserta didik diberikan panduan membaca materi yang akan dipelajari khususnya pembelajaran Baca Tulis Alquran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran BTA di MI hidayatusshibyan Hulu Sungai Utara, penerapan strategi Reading Guide pada pembelajaran BTA di MI Hidayatusshibyan Hulu Sungai Utara, kemampuan membaca Alquran peserta didik MI Hidayatusshibyan Hulu Sungai Utara, dan faktor�faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Alquran. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk meneliti penerapan strategi Reading Guide terhadap pembelajaran Baca Tulis Alquran di MI Hidayatusshibyan Hulu Sungai Utara. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Objek pada penelitian ini adalah penerapan strategi Reading Guide pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran dan subjeknya adalah guru Baca Tulis Alquran kelas IV, V, dan VI serta para peserta didik kelas IV, V, VI. Berdasarkan hasil analisis data, penerapan strategi Reading Guide pada Pembelajaran Baca Tulis Alquran ini dilaksanakan di semua kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI oleh guru Baca Tulis Alquran. Para peserta didik diminta oleh guru untuk membaca bahan ajar yang guru siapkan, pada saaat pembelajaran berlangsung guru membacakan surah yang ada pada Alquran lalu kemudian para peserta didik membaca surah ataupun ayat yang guru baca sebelumnya sambil guru Baca Tulis Alquran memperhatikan bacaan para peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Alquran ini meliputi 3 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kemampuan membaca Alquran peserta didik yang meliputi kemampuan penguasaan makhraj huruf dan pengetahuan tentang tajwid Alquran tergolong kurang baik tetapi kelancaran dalam membaca Alquran tergolong baik dan faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:23
Last Modified: 08 Feb 2022 07:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18338

Actions (login required)

View Item View Item