EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA KULIAH JURUSAN PGMI DI UIN ANTASARI BANJARMASIN

Putri, Eka (2022) PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA KULIAH JURUSAN PGMI DI UIN ANTASARI BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Sebagaimana diketahui sekarang dunia pendidikan mengalami keterhambatan oleh munculnya pandemi Covid-19 sehingga mengharuskan merubah sistem pendidikan menjadi daring. Pembelajaran daring ini mengakibatkan hampir semua pengajar menggunakan media yang berbasis online seperti e-learning atau media sosial sebagai media pembelajaran, namun selain media ada pula strategi/cara mengajar yang digunakan pengajar dengan berbagai macam stratetegi tergantung jenis materi yang akan disampaikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan platform digital yang digunakan dosen, aktivitas mengajar dosen, dan aktivitas belajar mahasiswa/i dalam perkuliahan daring pada Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, untuk dapat membuat deskripsi tersebut peneliti mencari data dengan melakukan penelitian lapangan. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring pada mata kuliah kompetensi utama dari kurikulum Jurusan PGMI di UIN Antasari Banjarmasin, sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah beberapa dosen dan mahasiswa mata kuliah umum ke-PGMI-an, dan staf Jurusan PGMI. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara survei, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Platform pembelajaran yang digunakan dosen terdiri dari zoom, whatsApp, google meet, google classroom, telegram, anchor FM, youtube, google form, dan LMS. 2) Aktivitas mengajar dalam perkuliahan daring meliputi perencanaan; menyampaikan RPS diawal perkuliahan, menyiapkan bahan ajar, dan link media. Pelaksanaan; memberikan motivasi secara tatap maya, lisan, maupun tertulis melalui platform online. Penyampaian materi secara lisan ataupun tertulis melalui platform online, membimbing presentasi dan diskusi secara tatap maya dan menampilkan video pembelajaran melalui platform online. Evaluasi; tanya jawab secara tertulis atapun secara lisan, pembuatan makalah, membuat video praktikum kemudian dipresentasikan secara tatap maya, dan menjawab quiz melalui platform online. 3) Aktivitas belajar dalam perkuliahan daring meliputi; menerima materi dari dosen yang berupa file,video, ataupun lisan melalui platform online, presentasi dan diskusi secara tatap maya, dan tanya jawab tertulis ataupun tatap maya melalui platform online. Adapun aktivitas belajar mengajar tersebut menggunakan platform yang dipilih seperti tatap maya menggunakan zoom dan google meet, tertulis menggunakan whatsApp, google classroom, telegram, google form, dan LMS. Lisan melalui anchore FM, voice note whatsApp dan telegram. Video menggunakan youtube dan LMS.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:55
Last Modified: 01 Sep 2022 05:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20488

Actions (login required)

View Item View Item