EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Korelasi Fanatisnıe dan Perilaku Konsumtif pada ARMY (Adorable Representative M. C. for Youth) di Kota Banjarmasin

Raudah, Raudah (2022) Korelasi Fanatisnıe dan Perilaku Konsumtif pada ARMY (Adorable Representative M. C. for Youth) di Kota Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Raudah_Skripsi (Pernyataan).pdf

Download (141kB)
[img] Text
Raudah_ Skripsi (Awal).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Raudah_ Skripsi (Abstrak).pdf

Download (411kB)
[img] Text
Raudah_Skripsi (BAB I).pdf

Download (4MB)
[img] Text
Raudah_Skripsi (BAB II).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Raudah_Skripsi (BAB III).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Raudah_Skripsi (BAB IV).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Raudah_Skripsi (BAB V).pdf

Download (522kB)
[img] Text
Raudah_Skripsi (Daftar Pustaka).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Raudah_Skripsi (Lampiran).pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Fandom adalah akronim dari Fans Kingdom (Kerajaan Penggemar) sebuah forum untuk penggemar untuk berinteraksi satu sama lain. Fanatisme dapat dipahami sebagai pengabdian yang tidak normal terhadap suatu objek atau orang, dimana "pengabdian” tersebut terdiri dari hasrat, keintiman, dan dedikasi, yang "luar biasa” sampai melebihi batas normal orang lain. Objek bisa merujuk pada satu atau lebih merek atau brand, produk, orang (seperti selebriti), acara televisi, atau aktivitas konsumsi. Fans cenderung mempunyai keinginan yang kuat untuk membeli berbagai item yang berhubungan dengan idola untuk mengekspresikan diri mereka, dan secara tidak langsung, fan bertindak sebagai akibat dari konsumsi fanatismenya. Dari latar belakang tersebut, tujuan peneliti dalam penelitian ini untuk mengetahui korelasi fanatisme dan perilaku konsumtif pada fandom ARMY (Adorable Representative M. C. for Youth) di Kota Banjarmasin, dan untuk mendeskripsikan tingkatan fanatisme dan perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional, dengan populasi fandom ARMY di Kota Banjarmasin. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sanıpling dan snovvball sampling yang mana terdapat 100 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala likert yang mana skala fanatisme dan skala perilaku konsumtif menggunakan skala modifikasi dari skala milik Adriani, 2021. Kedua skala tersebut kemudian dilakukan uji validitas dan rehabilitas yang menunjukkan hasil (rxy r tabel 0.195) yang menunjukkan semua item valid, dan cukup reliabel yang mana rehabilitas menunjukkan nilai 0,833 untuk skala fanatisme dan 0,864 untuk skala perilaku konsumtif. Adapun hasil validitas maupun analisis data menggunakan uji statistik Pearson Correlation Product Moment menggunakan SPSS 25 .O for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh: l) Tingkat fanatisme pada fandom ARMY di Kota Banjarmasin, sebanyak 73 Sübjek (7396) berada pada tingkat fanatisme yang sedang, 20 Sübjek (2096) berada pada fanatisme yang tinggi, dan 7 Sübjek (7%) berada pada fanatisme yang rendah. 2) Pada tingkat perilaku konsumtif, sebanyak 64 Sübjek (6496) berada pada perilaku konsumtif yang sedang, 29 Sübjek (2996) berada pada perilaku konsumtif yang rendah, dan 7 Sübjek (7%) berada pada perilaku konsumtif yang tinggi. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh koefisien korelasi yaitu r 0,722 dengan nilai signifikansi, 0,000, yang mana data tersebut menunjukkan terdapat korelasi yang kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:15
Last Modified: 20 Jan 2023 01:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21779

Actions (login required)

View Item View Item