EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengenalan Keberagaman Budaya pada Anak Usia Dini di PAUD Widya Dharma Banjarmasin

Kusumawati, Maulida (2023) Pengenalan Keberagaman Budaya pada Anak Usia Dini di PAUD Widya Dharma Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (500kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Anak usia dini adalah generasi penerus bangsa di masa depan. Oleh karena itu, pengenalan keberagaman budaya sangat penting untuk di kenalkan kepada anak sejak dini agar tidak punah. Lembaga PAUD merupakan jenjang pendidikan pertama yang akan dilalui anak. oleh karena itu sekolah dan pendidik berperan penting dalam pengenalan keberagaman budaya kepada anak serta mengajarkan sikap menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan tanpa menekankan kelemahan dan kelebihan satu dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan sekolah dan guru dalam pengenalan keberagaman budaya pada anak usia dini serta faktor yang mempengaruhinya di PAUD Widya Dharma Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengolah data, peneliti menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Sugiono, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa upaya yang dilakukan oleh guru PAUD Widya Dharma Banjarmasin dalam mengenalkan keberagaman budaya pada anak kelas B2 ada 6 yaitu memberikan contoh teladan kepada anak agar bisa menghargai dan menghormati keberagaman budaya, memasukkan materi tentang keberagaman budaya ke dalam pembelajaran, menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik dalam pengenalan keberagaman budaya, memiliki program yang mengajak anak berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dan tempat-tempat ibadah sesuai dengan agama masingmasing, mengadakan kegiatan dan merayakan hari-hari besar yang berkaitan dengan keberagaman budaya, mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dalam pengenalan keberagaman budaya dan memperkenalkan keberagaman budaya kepada anak dengan cara mengajak anak menyanyikan lagu-lagu daerah. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi upaya guru PAUD Widya Dharma Banjarmasin untuk mengenalkan keberagaman budaya pada kelas B2 yaitu faktor kualitas guru, faktor lingkungan dan faktor fasilitas yang ada di PAUD Widya Dharma Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Jul 2023 00:45
Last Modified: 18 Jul 2023 00:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23792

Actions (login required)

View Item View Item