EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Model Kooperatif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPA di MI Perdamaian

Aspihani, Shofia (2023) Penerapan Model Kooperatif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPA di MI Perdamaian. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (724kB)

ABSTRAK

Pemilihan model pembelajaran adalah salah satu alternatif yang diambil oleh seorang guru dalam proses belajar mengajar, guna tercapainya tujuan pembelajaran yang sejalan dengan kemampuan yang dimiliki siswa. Pembelajaran Kooperatif merupakan salah satu cara untuk mengatasi berbagai problematika dalam pelaksanaan pembelajaran salah satunya pada mata pelajaran IPA, tentu diperlukan juga model pembelajaran yang dipandang mampu mengatasi kesulitan guru dalam melaksanakan tugas dan juga kesulitan belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif untuk dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas V pada pembelajaran IPA dan Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Model Kooperatif untuk meningkatkan literasi sains Siswa Kelas V pada pembelajaran IPA di MI Perdamaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V dengan jumlah 9 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model kooperatif untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V pada pembelajaran IPA di MI Perdamaian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Perdamaian dapat dilihat dari proses belajar mengajar di kelas V. Proses pembelajaran IPA di kelas V ketika guru menerapkan model pembelajaran kooperatif, siswa terlihat mampu untuk mengemukakan pemikirannya dan antusias dalam belajar serta peningkatan kemampuan literasi sains siswa sudah mulai mengalami perkembangan baik pada aspek pengetahuan, proses maupun sikap sains siswa. Faktor pendukung dan penghambat penerapan model kooperatif untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V pada pembelajaran IPA yaitu faktor guru meliputi persiapan guru, penguasaan materi serta kemampuan menerapkan model kooperatif. Faktor siswa, meliputi latar belakang siswa, sikap siswa, dan interaksi antar siswa. Faktor lingkungan belajar, meliputi suasana sekolah, dan sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:23
Last Modified: 18 Jul 2023 01:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23794

Actions (login required)

View Item View Item